Pilek menahun pada anak apa obatnya?

Seperti halnya mimisan, kesehatan anak perlu diperhatikan sebagai penerapan hidup sehat. Nah, apakah pilek menahun pada anak berbahaya?. Apa obatnya untuk pilek menahun?. Sesuatu yang terjadi sering dengan frekuensi tinggi, apalagi terjadi pada anak kita, haruslah kita cermati bahwa itu menjadi suatu pertanda ada sesuatu yang tidak biasa walau itu sering kita anggap lumrah. Seperti halnya pilek, sekilas kita menilai hanya sakit biasa karena pengaruh iklim dan cuaca. Tetapi jika pilek menahun dan tidak kunjung sembuh pada anak, pastilah ada yang tidak beres. Nah, dalam artikel hidup sehat berikut ini, kita akan membahas mengenai pilek menahun yang terjadi pada anak. Bagaimana mengatasinya?. Mari kita simak.

anak-pilek-manahunMengapa anak mudah terserang sakit?

Kalimat ini pastinya tak asing lagi, atau bahkan mungkin Anda pernah mengalaminya. Banyak ibu khawatir bila anaknya sering sakit. Kebanyakan anak, terutama saat pertama kali memasuki lingkungan baru seperti tempat penitipan anak (daycare) atau sekolah, menjadi sering sakit. Rata-rata anak demikian akan mendapatkan infeksi 12-14 kali pertahun (baik batuk pilek atau diare). Hal ini disebabkan anak terekspos banyak kuman baru.

Semakin lama, anak akan membangun imunitas atau perlindungan terhadap infeksi dan menjadi lebih jarang sakit. Anak yang baru masuk preschool misalnya bisa jadi lebih sering sakit ketika awal-awal masuk sekolah dan jika masing masing infeksi berlangsung satu minggu, si anak tampaknya seperti sering sakit.

Apakah perlu kawatir jika terlalu sering?

Penting untuk mengetahui apakah ada masalah yang menyebabkan anak lebih rentan sakit dibanding anak lain. Seperti penyakit kekurangan daya tahan tubuh, penyakit TBC, atau penyakit kronis lainnya. Perlu diperhatikan apakah anak-anak ini tumbuh normal baik berat badan atau tinggi badan sesuai umurnya.

Petunjuk lain adalah apakah infeksinya berat hingga mereka harus dirawat misalnya sakit pneumonia, radang otak, infeksi pada darah (sepsis). Pada kebanyakan kasus, infeksi tidaklah serius dan biasanya sembuh sendiri. Pola ini mengarahkan kita kalau anak tak punya masalah yang mendasari. Jika ada kecurigaan terjadi sesuatu yang lebih serius, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya tes laboratorium atau foto rontgen.

Apa pentingnya sistem imun untuk anak?

Saat pertama kali mikroorganisme masuk ke dalam tubuh selanjutnya reaksi ke dua dan ke tiga tubuh membentuk antibodi yang lebih cepat sehingga membutuhkan vaksinasi atau imunisasi. Imunisasi terdiri dari dua macam yaitu imunisasi aktif dan imunisasi pasif. Imunisasi aktif memberikan kuman ataupun racun kuman yang dilemahkan sehingga merangsang tubuh melakukan antibodi sendiri sedangkan imunisasi pasif menyuntikan antibodi sehingga kadar meningkat di dalam tubuh anak.

Artikel terkait :   Makanan penambah darah untuk ibu hamil

Sistem imun merupakan perlindungan terhadap kesehatan anak dari bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun anak terdiri dari berbagai aspek yaitu hubungan aspek biokimia. Peranan dari imun pada anak untuk pertahanan tubuh dari benda asing sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Apakah sakit menahun karena sistem imun terganggu ?

Sistem kekebalan tubuh yang kurang aktif maka akan menyebabkan gangguan kesehatan berupa Immune Deficiency Conditions yang berhubungan dengan kelompok penyakit besar yang menekan sistem kekebalan tubuh dan seringkali didasari penyakit kronis. Selanjutnya adalah Severe Combined Immunodeficiency yang ditandai dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun disebabkan kelainan genetik. Terakhir adalah AIDS yang berkembang dan menyebabkan kekebalan tubuh gagal total. Umumnya pada anak merupakan penyakit bawaan dari orang tua yang sudah terinfeksi virus HIV.

Bagaimana meningkatkan sistem imun anak?

Daya tahan tubuh atau dapat juga disebut sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang merupakan aset yang sangat penting bagi semua orang. Tidak hanya untuk dewasa, anak-anakpun sangat penting memiliki daya tahan tubuh yang baik dan prima. Daya tahan tubuh atau sistem imun dapat diibaratkan perisai yang menjaga tubuh dari serangan virus atau bakteri penyakit. Oleh karenanya, jika daya tahan menurun maka akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya untuk anak, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Obat Tradisional Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak yang terbuat dari bahan – bahan alami tanpa bahan kimia tambahan ataupun efek samping.

Perhatikan Kebersihan Si Buah Hati
Kita semua mungkin sudah tahu jika kotoran dan kuman merupakan sumber penyakit yang paling umum, bahkan bibit penyakit yang terdapat pada kotoran akan dengan mudah berkembang sehingga semakin cepat menjadi sarang penyakit jika terkena tubuh dan menyebar pada tubuh. Disinilah peran orang tua terutama ibu amat dibutuhkan. Ibu dituntut untuk sedapat mungkin menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar serta makanan yang dikonsumsi si buah hati. Selain itu, hal yang tak kalah penting diperhatikan pada si buah hati adalah jaga kebersihan kuku, gigi dan pakaian anak, sebab beberapa hal tersebut adalah sumber terkecil kuman untuk menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh si bauh hati.

Artikel terkait :   Mengapa tubuh sering merasa lelah?

Penuhi Kebutuhan Cairan
Tubuh amat membutuhkan cairan untuk menjaga segala proses di dalamnya, seperti proses pencernaan dan sirkulasi darah dalam tubuh, serta proses metabolisme tubuh lainnya. Yang mana kesemua proses tersebut membutuhkan cairan cukup dalam tubuh untuk dapat menunjang kelangsungan proses dengan optimal. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka yang terjadi dengan tubuh anda adalah tubuh yang akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Akibatnya tubuh akan lebih rentan terserang penyakit karena proses dalam tubuh terhambat atau tidak lancar. Untuk itu, pastikan jika anda selalu memenuhi kebutuhan cairan si kecil setiap hari.

Konsumsi Buah dan Sayur
Jenis makanan seperti buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam porsi yang pas untuk anak-anak, maka hal ini akan membantu mereka untuk terhindar dari penyakit dan membuat sistem imunnya menjadi lebih kuat.

Berikan Madu
Untuk bayi dengan usia berada diatas 2 tahun, orang tua bisa memberikan madu alami secara rutin sebagai obat imun untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat, sehingga ia tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan anti kuman, anti virus dan memiliki kemampuan untuk mengingkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Istirahat yang cukup
Istirahatkan anak yang cukup agar anak Bunda dapat meringankan beban pikiran otaknya selama dia berada di sekolah atau dirumah, selain itu beristirahat yang cukup juga dapat membantu tumbuh kembang anak secara baik. berikan waktu istirahat yang cukup untuk anak, usahakan berikan anak istirahat 8 jam sehari agar anak tetap sehat dan tidak gampang sakit.

Cepat bertindak saat terjadi apa-apa pada anak
Apa sih yang dimaksud cepat bertindak disini? maksudnya adalah agar Bunda harus cepat bertindak saat terjadi apa-apa dengan anak Bunda, entah itu masalah di sekolah, dirumah, atau dengan teman-temannya, karena jika Bunda selalu tanggap dengan keluhannya maka perasaan beban anak akan berkurang, sehingga mengurangi anak untuk berpikir keras yang akan membuatnya gampang sakit. tanyakan apa masalahnya dan berikan solusi serta berikan dorongan dan pujian pada anak, agar beban pikiran anak bisa berkurang.