Pola hidup sehat mencegah penyakit ambeyen

Apa gejala awal dan ciri ciri ambeyen?. Anda perlu memahami pola hidup sehat mencegah ambeyen atau wasir agar terhindar dari penyakit ambeyen. Daripada mengobati amnbeyen, kita dapat terhindar dengan menerapkan pola hidup sehat dengan memahami jenis makanan dan pola hidup yang memicu timbulnya penyakit ambeyen. Kebanyakan penderita ambeyen sering mengabaikan pola makan serta aktifitas yang sering menjadi pemicu timbulnya peradangan pada saluran pembuangan ini. Ambeyen tidak serta merta menjangkiti kita, tetapi karena perilaku kurang sehat dan dilakukan sekian lama. Apa saja penyebab penyakit ambeyen dan cara mencegahnya?. Mari simak ulasan berikut.

gejala-ambeyenApa sih ciri awal kita terkena ambeyen?

Wasir atau biasanya juga dikenal dengan istilah ambeien adalah suatu penyakit atau gangguan yang terjadi pada anus di mana bibir anus atau bahasa ilmiahnya dikenal sebaga Sphinchter Ani mengalami pembengkakan. Terkadang Hemorrhoiddan, sebutan bahasa Latin atau bahasa Inggris untuk ambeien bisa disertai dengan pendarahan. Dalam beberapa kasus, ambeien atau wasir biasanya disebabkan karena kesalahan dalam melakukan gerakan seperti pada olahraga angkat beban maupun olaharaga pernapasan. Bisa juga wasir disebabkan oleh terlalu banyak duduk atau berdiri sehinga aliran darah terhambat dan menyebabkan ambeien.

Ciri-ciri penyakit ambeyen/wasir yang umum terjadi dan dapat dikenali dengan cara dilihat adalah adanya darah atau tetesan darah yang ikut keluar bersama feses (tinja) saat buang air besar. Ciri-ciri seperti ini hampir tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali dan ambeyen jenis ini termasuk ambeyen internal (di dalam tubuh).

Ciri lain yang dapat dikenali dengan cara dilihat atau diraba adalah adanya tonjolan bibir anus yang keluar, ambeyen seperti ini termasuk ambeyen eksternal (di luar tubuh). Pada kondisi penyakit ambeyen stadium awal, bibir anus (dubur) yang menonjol dan ikut menyembul keluar saat buang air besar, dapat masuk kembali dengan sendirinya, sedangkan pada penyakit ambeyen stadium lanjut, bibir anus yang menyembul keluar tidak bisa masuk dengan sendirinya tapi harus didorong dari luar, bahkan pada kondisi yang lebih parah, bibir anus tidak bisa dimasukkan lagi meski sudah didorong.

Artikel terkait :   Menghilangkan kadar alkohol dalam darah

Apa gejala awal penyakit ambeyen ?

Gejala penderita penyakit wasir ambeien-Seiring dengan berjalanya waktu berbagai penelitian dilakukan dan mendapat hasil bahwa sakit wasir atau ambient bukanlah merupakan salah satu penyakit yang membahayakan tubuh. Akan tetapi, disini merupakan perubahan bantalan pembuluh darah yang terletak di derah anus. Di bagian anus tersebut

Gejala ambeyen/wasir pertama yang dirasakan adalah pada bagia dubur akan timbul rasa tidak aman, panas dan gatal. Hal ini terjadi karena kontraksi yang ada pada bagian dubur tersebut. Ini merupkan titik awal tumbuhnya pembengkakan yang ada pada bagian dubur kita. Memang pada awalnya tidak merasakan apa-apa. Akan tetapi, bila dibiarkan dan tidak segera ditangani akan merambah dan pembengkakan tersebut semkin besar. Jadi, kita harus berhati-hati danmwas diri bila kita terkena gejala tersebut.

Gejala ambeyen/wasir selanjutnya adalah terdapat tonjolan yang keluar dar rectum pada saat mebuang hajat besar. Memang untuk gejala ini kita dapat merasakanya saat kita buang air besar. Kita akan meraskan tidak nyaman serta sakit yang luar biasa karena bagian anus dan dubur kita mengalami kebengkakan. Selain itu, kita juga harus waspada karena dari kebengkakan tersebut bisa-bisa kita tidak bisa melakukan aktifitas sehari-hari karena banyak orang yang berpendapat bahwa gejala inilah yang sangat menyiksa mereka.

Terjadinya pendarahan pada rectum ataupun anus. Untuk gejala ini dibilang cukup berbahaya karena penyakit ambeyen tersebut sudah dalam stadium cukup parah sehingga harus segera ditangani apabila tidak ingin mendapat akibat yang lebih buruk lagi. Banyak orang yang menganggap bahwa gejala ini hanya biasa saja. Akan tetapi gejala ini dapat dikategorikan dalam bahaya karena ambeyen tersebut pembengkakanya sudah cukup besar.

Artikel terkait :   Diet cacing pita yang mengancam jiwa

Apa yang harus kita hindari agar tidak terkena ambeyen ?

Banyak makanan pantangan ambeien, karena makanan yang diserap oleh tubuh akan dikeluarkan menjadi feses dan lewat anus. Jika anus bermasalah tentunya penderita harus menghindari makanan yang bisa memperparah kondisi tersebut. Berikut ini berbagai macam pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita ambeien :

Cabai Dan Sambal – Bahaya makanan pedas seperti cabai dan sambal memiliki rasa yang kuat. Rasa pedas yang dihasilkan akan membuat penderita ambeien merasakan kesakitan ketika BAB. Pendarahan yang terjadi di anus akan diperparah dengan kandungan capsicum yang terkandung di dalam cabai.

Makanan Asam – Makanan asam juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita ambeien. Rasa asam yang dihasilkan dari makanan asam tersebut akan menghasilkan rasa perih ketika BAB. Kurangi konsumsi makanan tersebut harus dikurangi dan dihindari. Makanan asam juga merupakan makanan pantangan asam lambung.

Makanan Tidak Beserat – Makanan yang keras dan tidak berserat sangat tidak baik untuk penderita ambeien, alasannya adalah makanan yang tidak berserat akan membuat feses menjadi keras. Anus yang sudah luka akan kesulitan mengeluarkan feses tersebut. Penderita akan merasakan kesakitan ketika mengeluarkan feses yang keras.

Makanan dengan Serat Berlebihan – Banyak orang menyarankan untuk melancarkan pencernaan harus mengkonsumsi makanan kaya serat yang cukup. Namun apa jadinya jika yang dikonsumsi adalah serat yang berlebihan? Berikut ini penjelasannya : Serat yang berlebihan akan menumpuk pada usus, sehingga serat massal telah dibentuk di usus.Penumpukan serat itu, akan membuat feses dengan ukuran besar yang akan dikeluarkan oleh anus. Anus harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkannya. Untuk mengejan saja sakit, bagaimana jika mengejan dengan kekuatan yang lebih. Rasanya akan sangat menyakitkan. Jangan mengambil supplemen serat, sebab supplemen akan memperparah kondisi anus.

@Pola hidup sehat – 2016

Leave a Reply