Pola hidup sehat menjaga kesehatan ginjal

Pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan ginjal dengan asupan tanaman herbal dan obat tradisional menjadi tips yang bermanfaat mencegah gagal ginjal sejak dini, karena ginjal menjadi organ penting yang perlu kita jaga selalu setelah jantung. Ketika fungsi Ginjal itu sendiri terganggu, maka proses penyaringan darah yang dialirkan dari jantung akan ikut tergangu. Hal ini dapat mengakibatkan  zat-zat sisa yang bersifat racun bagi tubuh beredar dalam darah dan menuju organ-organ dalam sistem peredaran darah terutama jantung, akibatnya kerja jantung akan terganggu dan akan terjadi berbagai masalah serius. Agar kesehatan ginjal anda tetap sehat dan terjaga, mari kita bahas mengenai pola hidup sehat yang disarankan oleh banyak ahli.

kesehatan-ginjalSebelum kita berbicara mengenai pola hidup sehat yang harus kita terapkan, perlu kita pahami mengenai fungsu ginjal terlebuh dahulu. Ginjal sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh yang mana berfungsi untuk membersihkan darah, menjaga jumlah mineral didalam tubuh, ginjal juga membantu dalam menjaga tekanan darah Anda normal, membuat sel-sel darah merah dan menjaga tulang yang kuat, dan menyaring zat-zat sisa dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh.

Ginjal juga berfungsi untuk membantu mengontrol tekanan darah dan memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, kotoran dan zat-zat tidak berguna lainnya akan menumpuk di dalam tubuh, dan menghasilkan banyak gangguan kesehatan.

Penyakit ginjal semakin meningkat dewasa ini. Setiap orang bisa mengalami penyakit kerusakan ginjal, tanpa memandang usia dan gender. Diabetes dan hipertensi adalah penyebab penyakit/kerusakan ginjal yang paling umum. Kedua kondisi kesehatan tersebut dapat merusak ginjal secara perlahan selama bertahun-tahun. Penyakit ginjal di tahap awal tidak memiliki pertanda atau gejala sama sekali. Penderitanya mungkin tidak akan merasakan perbedaan apapun hingga penyakit tersebut sudah memasuki tahap lanjut, dan rusaknya ginjal telah mendatangkan berbagai gangguan kesehatan.

Artikel terkait :   Menjaga jantung dengan pola hidup sehat

Fakta tersebut semakin memperkuat alasan bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal dan tubuh secara umum dengan mengadopsi pola hidup sehat dan diet yang sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Agar ginjal tetap berfungsi dengan baik, maka kesehatan ginjal perlu dijaga dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa untuk kesehatan jantung anda. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk ginjal. Apa saja makanan yang baik untuk ginjal? Berikut ini beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Paprika merah
Sayuran yang satu ini memang sangat kaya antioksidan yang baik untuk menaga kesehatan ginjal anda. Selain itu paprika merah juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B6, asam folat maupun likopen antioksidan yang bagus untuk membersihkan ginjal. Selain sebagai penambah rasa dan aroma, paprika merah juga berfungsi untuk membersihkan darah yang akan sangat membantu bagi orang-orang dengan gagal ginjal.

Putih telur
Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda membutuhkan protein dengan kandungan fosfor rendah. Putih telur adalah pilihan yang baik karena merupakan jenis protein yang sehat dengan kandungan fosfor jauh lebih rendah daripada protein jenis lain. Kuning telur harus dihindari, terutama mereka yang memiliki masalah ginjal. Putih telur atau bagian albuminnya mengandung banyak sekali protein murni yang baik untuk dan juga asam amino yang sangat dibutuhkan oleh ginjal. Tapi untuk bagian kuning telur sendiri tidak disarankan untuk dikonsumsi sebab tidak baik bagi kesehatan ginjal. Karena pada kuning telur terkandung fosfor yang lambat laun bisa memicu kerusakan ginjal.

Kembang kol
Kol dan juga kembangnya ini juga sangat baik jika dikonsumsi untuk kesehatan ginjal. Seperti yang kita tahu bahwa kol ini mengandung vitamin k, sementara kembangnya mengandung vitamin C tanpa adanya kalium tinggi yang terkandung di dalamnya. Sebab kalium itu merupakan salah satu zat yang bisa membahayakan ginjal. Sayuran ini adalah musuh dari senyawa beracun dalam tubuh. Mengandung indoles, glucosinolates dan tiosianat, yang secara efektif menghilangkan racun yang mengganggu kinerja ginjal. Cara termudah adalah dengan merebus kembang kol dengan sedikit merica dan garam.

Artikel terkait :   Mengecilkan perut buncit dengan jus seledri

Kubis
Sayuran ini adalah sumber terbaik dari fitokimia yang efektif menyingkirkan radikal bebas yang merusak tubuh dan kulit. Makan kubis mentah sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah ginjal dan harus menjalan cuci darah.

Ikan
Mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan sumber protein yang baik untuk pasien dengan gangguan ginjal. Protein yang terkandung dalam ikan cenderung lebih aman dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Jus buah
Memiliki kandungan fitokimia yang efektif untuk memecahkan limbah atau racun. Pilihlah jenis buah dengan kandungan antioksidan tinggi seperti berry untuk membantu proses kerja dan fungsi ginjal. Itulah mengapa mereka yang harus menjalani cuci darah dianjurkan untuk banyak minum jus buah.

Itulah dia beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga serta menghindari rokok dan alkohol.

Leave a Reply