Resep masakan lele goreng renyah

Anda suka lauk ikan lele?. Suka menyantapnya dengan sambal pedas yang menantang. Berbagai resep masakan lele goreng nan renyah bisa anda buat dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat. Lele menjadi salah satu makanan yang khas bagi mulut kita, rasanya yang tidak kalah dengan makanan ikan lainnya, lele menjadi salah satu resep masakan kegemaran rakyat Indonesia. Apalagi jika kita bisa sajikan lele goreng yang renyah disandingkan dengan lalapan sayur segar beserta sambal terasi. Bagi anda para ibu yang gemar memasak sendiri dirumah untuk lauk yang memiliki nilai gizi sehat, resep masakan lele goreng menjadi salah satu resep masakan yang mudah dan cepat disajikan. Apa saja nutrisi gizi dari lele goreng?. Bagaimana menyajikan masakan lele goreng yang renyah?. Mari kita simak kiat resep masakan tradisional berikut ini.

lele-goreng-renyahApa saja kandungan manfaat dari ikan lele?

Tidak Cuma di indonesia ternyata makanan ikan lele juga populer di Amerika. Masyarakat amerika mengetahui bahwa didalam ikan lele sangat banyak manfaatnya. Bagi anda yang tidak suka atau doyan dengan ikan yang satu ini sebenarnya bisa dibilang rugi, karena selain harganya yang terjangkau ikan ini juga mempunyai kandungan gizi yang banyak dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Berikut ini manfaat bagi kesehatan saat menyantap makanan ikan lele :

Sehatkan Otak dan Jantung
Ikan yang terkenal dengan kandungan omega-3 dan omega-6 adalah ikan-ikan ‘mahal’ seperti salmon, makerel, ikan kod dan sebagainya. Padahal.. ikan lele yang dijual di pasar-pasar tradisional memiliki manfaat yang sama. Satu porsi ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6. American Heart Association bahkan menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan lele dalam menu beberapa kali seminggu. Kedua nutrisi tersebut memang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Penyedia Asupan Protein Yang Baik
Dalam satu porsi lele, tersedia 15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Kualitas asam amino yang diberikan ikan lele adalah kualitas yang baik untuk membangun masa otot dan membangun meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Anda juga membutuhkan protein untuk menyediakan energi.

Sumber Vitamin B-12
Mengonsumsi satu porsi lele akan membuat kebutuhan vitamin B 12 yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sebanyak 40 persen. Vitamin B 12 adalah nutrisi yang penting untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Karena itu, asupan vitamin B 12 yang tercukupi akan membuat Anda lebih bertenaga dan tidak membuat cepat lesu.

Rendah Merkuri
Isu ikan laut yang mengandung merkuri masih menghantui. Bahaya dari mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri adalah pengaruhnya mengacaukan sistem saraf. Ikan lele biasanya dibudidayakan di perairan yang aman dari jangkauan merkuri, sehingga ikan ini cenderung aman dan rendah merkuri. Tak heran jika ikan lele dianjurkan untuk ibu hamil, karena tingginya tingkat merkuri dapat membahayakan janin.

Artikel terkait :   Menghilangkan rasa pahit pare

Pembentukan Tulang dan gigi
Didalam ikan lele kandungan fosfor cuckup tinggi yang berguna untuk memberi energi dalam metabolisme. Fosfor juga berfungsi membantu penyerapan kalsium. Pada ibu hamil fosfor berguna untuk pembentukan tulang pada janin, apabila asupan fosfor untuk janin kurang makan akan mengambilnya dari sang ibu, ini dapat menyebabkan sang ibu mengalami osteoporosis.

Fosfor merupakan mineral urutan kedua dalam daftar mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Mineral ini sangat berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan mineral fosfor ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda, karena anda dapat menderita tulang keropos yang dapat berujung kelumpuhan apabila berlangsung sangat lama.

Bagaimana tips menggoreng lele?

Lele mengandung protein dan nutrisi penting yang bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Lele bisa diolah menjadi beragam masakan yang menggugah selera, diantaranya : lele crispy, penyet lele, lele panggang, lele rica-rica, mangut lele, dan masih banyak yang lainnya. Mengolah lele tidak semudah yang dibayangkan, karena salah langkah akan membuat rasanya menjadi amis atau bau tanah. Nah, agar rasa olahan lele tidak amis dan bau tanah, simak tips memasak lele goreng agar tidak amis dan renyah sempurna berikut ini :

Membersihkan lele – Setelah membeli lele, segera bersihkan lendir yang menempel pada tubuhnya. Potong siripnya yang panjang dan buang kotoran dalam perutnya hingga bersih.

Merendam lele kedalam bumbu – Merendam lele kedalam bumbu tidak hanay membantu menghilagkan amis, tapi juga membuat daging lebih gurih dan lezat. Bumbu yang digunakan untuk merendam, antara lain : ketumbar, garam, bawang putih, kunyit dan jahe yang dihaluskan dan diberi air.

Sayat daging lele – Agar bumbu meresap sempurna hingga kedalam, sayat daging lele pada sisi kanan dan kirinya. Menyayat lele juga membuat proses penggorengan ikan jadi tidak meletup, lebih cepat matang dan kering sempurna hingga ke dalam.

Menggoreng lele tanpa lengket – Agar lele tidak lengket saat digoreng, panaskan wajan terlebih dahulu. Tuangkan minyak goring dengan jumlah yang banyak (bisa merendam lele dengan sempurna). Setelah minyak goring panas, Anda bisa memasukkan ikan lele satu persatu.

Lele matang sempurna dan renyah – Saat menggoreng lele, pastikan jangan membolak-balik lele agar tidak hancur dagingnya. Saat ingin membalik ikan, pastikan sudah dalam kondisi kering sempurna.

Jangan membolak-balik ikan – Saat hendak membalik ikan, pastikan kondisinya sudah kering dan siap dibalik. Jangan pernah membolak-balik ikan karena akan merusak penampilan ikan atau dagingnya.

Bagaimana resep masakan ikan lele agar terasa renyah ?

Bahan-Bahan yang dperlukan untuk membuat ikan lele goreng tenyah
– 4 ekor ikan lele
– 1/2 sdt garam
– 2 sdm air jeruk nipis
– minyak untuk menggoreng

Artikel terkait :   Resep masakan tempe penyet pedas

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

– 1 siung bawang putih
– 1 sdm ketumbar
– 1/2 sdm garam
– 2 cm kunyit

Bahan untuk sambal tomat :
– 5 buah cabe merah besar, goreng
– 1 sdt air jeruk limau/nipis
– 4 buah kemiri, goreng
– 2 buah tomat, goreng
– 4 siung bawang putih, goreng
– 10 buah cabe rawit, goreng
– 2 siung bawang merah, goreng
– 1 sdt garam

Cara membersihkan ikan lele sebelum dimasak :

  1. Untuk yang pertama kali, kita akan bersihkan terlebih dahulu ikan lele yang sudah disiapkan. Hal ini penting sekali, sebab ada beberapa bagian pada ikan lele yang harus dibuang dan dihilangkan. Bagian tersebut diantaranya adalah insang ikan, bagian dalam perut ikan dan juga bagian lendir pada permukaan ikan. Nah, untuk membersihkan bagian pertama pada tubuh ikan adalah bagian lendir pada tubuh ikan. Caranya, gunakan abu gosok atau garam, kemudian taburkan pada permukaan tubuh ikan dan gosok-gosok secara merata sampai ikan menjadi lebih kesat. Setelah itu, silahkan bilas kembali ikan menjadi lebih bersih.
  2. Selesai membersihkan bagian lendir pada tubuh ikan lele, silahkan lanjutkan dengan membersihkan bagian insang yang ada dikepala ikan. Caranya, bersihkan lapisan insang dnegan menggunakan tangan hingga bersih. Setelah itu, bilas kembali kepala ikan dengan air.
  3. Kemudian bersihkan pula bagian isi perut ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dengan mengguankan pisau dan jangkau bagian jeroan ikan dengan menggunakan tangan. Lalu pastikan jika anda telah membersihkan bagian ini dengan keseluruhan.
    Jika semua bagian tubuh ikan sudah dibersihkan, silahkan kera-kerat bagian tubuh ikan. Hal ini difungsikan agar bumbu yang diracik bisa meresap kedalam daging ikan dengan keseluruhan.
  4. Lalu, lumuri ikan dengan garam dan air jeruk untuk menghilangkan bau amis yang menempel. Setelah itu, diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara membuat ikan lele goreng renyah :

  1. Setelah ikan dibersihkan dan dilumuri dengan air jeruk nipi dan garam. Silahkan bilas terlebih dahulu ikan dnegan air.
  2. Setelah itu, lumuri kembali ikan dengan menggunakan bumbu halus hingga kebagian perut ikan dan kebagian terdalamnya.
  3. emudian diamkan ikan selama kurang lebih 30 menit sampai bumbu ii meresap.
  4. Kemudan, panaskan minyak dalam wajan dan tunggu hingga minyak benar-benar panas. Lalu goreng ikan lele yang telah diberikan bumbu kedalamnya hingga ikan kering dan berwarna keemasan.
  5. Setelah ikan matang, angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring saji. Sementara itu, kita akan buat bumbu sambalnya.
  6. Untuk membuat sambal, silahkan campur semua bahan dan masukkan dalam cobek. Lalu haluskan sambal ini dengan mengunakan ulekan hingga lembut secara merata.

Leave a Reply