Alasan sering mengantuk dan penyebabnya

Sering mengantuk di pagi hari ataupun siang hari saat bekerja pasti menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan dan pasti  sangat mengganggu aktivitas Anda. Walau rasa sering mengantuk memang manusiawi dan itu sangat berguna sebagai tanda untuk mengistirahatkan tubuh yang sudah lelah setelah melalui berbagai aktivitas sehari-hari yang sangat melalahkan atau bahkan menyita pikiran kalian. Rasa sering mengantuk biasanya menyerang setiap orang saat malam hari atau saat kalian merasa lelah. Oleh karena itu, agar tidak mengganggu kegiatan anda, perlu dicari alasan sering mengantuk itu bisa terjadi.

alasan sering mengantukKebiasaan sering mengantuk pada pagi dan siang hari bisa berdampak buruk  bagi produktivitas, pekerjaan dan kegiatan sehari-hari Anda. Kebiasaan sering mengantuk baik di pagi hari atau siang hari akan membuat Anda menjadi tidak bersemangat, kekurangan energi, merasa lelah, lemas, capek dan kesulitan dalam berpikir jernih. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan sering mengantuk saat mengemudi, tentu hal ini bisa mengancam keselamatan Anda karena sudah banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi mengantuk. Mengetahui faktor penyebab kebiasaan sering mengantuk akan membantu Anda menangani masalah mengantuk dipagi dan siang hari.

Perlu anda ketahui, penyebab sering mengantuk disebabkan oleh banyak faktor, antara lain:

1. Alasan sering mengantuk karena anemia
Yang harus diketahui,anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk kalian. Kenapa sich anemia menyebabkan mata mengantuk? Begini lho, kekurangan darah akan menyebabkan tubuh kekurangan zat besi, sel darah merah yang diperlukan tubuh untuk mengangkut oksigen ke jaringan dan organ tubuh kalian pun menjadi berkurang. Oleh karena itulah kalian akan merasa ngantuk.

Sebagai salah satu penyebab sering mengantuk, anemia juga biasanya menyerang para wanita yang sedang haid atau datang bulan. Pada saat datang bulan para tubuh para wanita kekurangan zat besi yang berguna mengantarkan oksigen keseluruh tubuh. akibatnya, tubuh kehilangan banyak tenaga. hal inilah yang menjadi penyebab sering mengantuk berlebihan pada saat menstruasi.

Artikel terkait :   Tips bermanfaat jeruk nipis melawan kolesterol

2. Alasan sering mengantuk karena diabetes
Seorang yang menderita diabetes tipe 2 akan memiliki tingkat glukosa yang tinggi, penyebabnya adalah karena tubuhnya tidak dapat mengubah glukosa menjadi energi sehingga tingkat kadar glukosa dalam tubuh menjadi tinggi. Nah, karena itulah jika kalian merupakan penderita diabetes tipe 2 maka kalian akan merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.

Untuk langkah awal memahami penyebab sering mengantuk karena diabetes, perhatikan setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu pemeriksaan darah.

3. Alasan sering mengantuk karena hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)
Tiroid merupakan suatu kelenjar kecil yang terdapat pada dasar leher. Fungsi dari Tiroid ini adalah untuk mengontrol metabolisme dan kecepatan dalam mengubah bahan bakar alias makanan menjadi energi bagi tubuh kalian. ketika Tiroid ini kurang aktif dan fungsi metabolisme kalian menjadi lambat, maka badan kalian akan terasa lemas dan mata akan merasa ngantuk!

4. Alasan sering mengantuk karena depresi
Depresi ini tidak hanya akan menyebabkan gangguan emosi pada manusia tetapi juga bisa menyebabkan gangguan fisik pada tubuh kalian. Beberapa gejala apabila kalian terkena depresi adalh selalu mengantuk, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan.

5. Alasan sering mengantuk karena dehidrasi
Jangan salah lho! Kelelahan dan rasa kantuk bisa jadi merupakan tanda-tanda tubuh kalian mengalami dehidrasi! Ayo cukupi kebutuhan air untuk tubuh kalian supaya selalu merasa segar dan selalu enerjik.

6. Alasan sering mengantuk karena gangguan tidur
Gangguan tidur seperti insomnia juga dapat menyebabkan kenapa mata kalian terus mengantuk. Jika kalian terkena insomnia atau sleep apnea maka sistem pernapasan kalian dapat terhambat. Efeknya sudah jelas yaitu kelelahan dan selalu merasa ngantuk.

Artikel terkait :   Khasiat daun seledri bagi penderita hipertensi

7. Alasan sering mengantuk karena penyakit jantung
Hayooo jika kalian sering merasa mudah kelelahan dan mengantuk di dalam kegiatan kalian sehari-hari, mendingan kalian check up dech untuk memastikan jantung kalian sehat-sehat saja. Selalu mengantuk itu ternyata bisa jadi pertanda awal dari penyakit jantung.

8. Alasan sering mengantuk karena sindrom kelelahan kronis
Lelah memang biasanya hilang setelah kalian istirahat atau tidur alias molor. Tapi kalau sudah kena sindrom kelelahan kronis atau bahasa keren-nya chronic fatigue syndrome. Lelah yang dirasakan oleh tubuh tidak akan cepat pulih. Biasanya penderita sindrom ini ditandai dengan gejala kelesuan, mengantuk, gampang marah, nyeri otot, atau bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan hilangnya memori!

Tapi apapun penyebab kebiasaan sering mengantuk yang Anda alami, tetap saja kebiasaan sering mengantuk menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas Anda, baik ketika sedang bekerja atau aktivitas sehari-hari lainnya.

Kesimpulan yang dapat kita ambil di sini mengenai penyebab sering mengantuk, sebaiknya jika mata merasa lelah dan sering mengantuk, sebaiknya dicermati dengan baik tanda-tandanya. Periksakan ke dokter jika perlu.

Leave a Reply