Tangan berkeringat berlebihan? ini solusinya

Anda sering mengalami tangan berkerigat berlebihan? Apa anda memiliki masalah jantung? anda suka berolah raga?. Anda merasa risih dan terganggu dengan keluarnya keringat yang berlebihan di telapak tangan anda. Tentu ini normal karena tangan menjadi anggota tubuh yang sering kita pergunakan untuk melakukan berbagai hal. Tidak sedikit diskusi mengenai tangan berkeringat berlebihan yang menjadi topik ringan namun tetap menarik. Biasanya karena salah satu penyebab keluarnya keringat berlebih, terutama pada area tangan disebabkan karena salah satu penyakit mematikan, yaitu karega gangguan jantung. Apapun itu penyebab keringat berlebihan pada tangan, mari kita simak, bagaimana cara mengatas tangan berkeringat berlebih.

tangan-berkeringatApa penyebab keluar keringat berlebih?

Perlu anda pahami terlebih dahulu, keluarnya keringat berlebih disebabkan banyak hal. Setiap orang yang mengalaminya akan merasakan gejala yang berbeda-beda. Biasanya keringat muncul lebih banyak dari telapak tangan, kaki, dan juga ketiak. Sebenarnya berkeringat merupakan mekanisme yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh kita sebagai respon terhadap panas. Namun apabila produksinya berlebih dapat dianggap sebagai tanda gangguan kesehatan.

Suhu Tubuh yang Meningkat
Seperti yang sudah disinggung di awal, keringat adalah respon tubuh saat panas. Saat mengalami demam, suhu tubuh kita akan naik. Dan berkeringat merupakan mekanisme kontrol suhu tubuh normal. Seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius atau lebih. Saat demam, tubuh akan memproduksi keringat yang akan digunakan untuk menstabilkan suhu tubuh.

Faktor Hormonal
Apakah Anda masih remaja? Jika iya, maka keringat berlebih adalah suatu hal yang wajar terjadi. Pada masa remaja, faktor hormonal menyebabkan kelenjar apokrin atau kelenjar keringat menjadi aktif sehingga akan memicu munculnya keringat berlebih, terutama di bagian bawah tangan. Faktor perubahan hormon juga terjadi pada seorang wanita yang sedang mengalami haid atau saat menjelang menopause.

Artikel terkait :   Manfaat peterseli untuk ginjal

Pengaruh Obat
Apakah Anda sering meminum obat tanpa resep yang dijual di apotek? Beberapa obat tertentu seperti antidepresan dan aspirin dapat menyebabkan munculnya keringat berlebih. Segera hentikan konsumsi obat bebas tanpa resep dokter bila Anda mulai merasakan kelebihan keringat di tangan atau bagian tubuh lain. Pemilihan obat yang ideal memang perlu konsultasi dengan dokter.

Kelebihan Berat Badan
Yang berikutnya yang harus diperhatikan adalah berat badan. Apakah berat badan orang yang mengalami keringat berlebihan sebanding dengan tinggi badannya? Jika berat badan memiliki perbandingan yang jauh lebih tinggi daripada tinggi badan, maka orang tersebut memiliki kelebihan berat bada. Orang yang mengalami kelebihan berat badan mudah untuk berkeringat lebih banyak.

Dari sekian penyebab keringat berlebih, terutama bagian tangan anda, tentu mempengaruhi tubuh dalam beraktifitas. Kadang bau yang ditimbulkan juga akan memberikan efek kurang menyenangkan jika keringat berlebih tidak segera dicarikan solusi untuk mengatasi maupun paling tidak mengurangi dampaknya.

Apa solusi untuk mengatasi keringat berlebih?

Solusi pertama yang dapat anda lakukan adalah berhubungan dengan pola makan anda, yaitu berhubungan dengan konsumsi makanan pedas seperti cabai, kari dan merica. Bumbu ini dapat menimbulkan keringat berlebihan, terutama pada wajah dan kepala. Jika mau, Anda dapat mengganti bumbu makanan ini atau herbal yang dapat menambah rasa pada makanan Anda dan mengurangi keringat.

Untuk anda yang hobi berolah raga, pilihan anda tepat. Umumnya mereka yang mengalami obesitas cenderung mudah berkeringat dibandingkan dengan mereka yang memilki berat badan normal. Asupan makanan yang berlebih menjadi penyebab keringat berlebih, karena makanan tersebut sulit dicerna sehingga metabolisme tubuh bekerja lebih keras dan suhu pun memanas. Untuk itu ganti menu mekanan dengan berbagai jenis sayuran dan buah – buahan.

Artikel terkait :   Benarkah kopi memicu menopause dini?

Untuk dampak bau keringat berlebih, gunakan deodoran yang akan membantu untuk menutupi bau. Sedangkan antiperspirant mengandung bahan yang dirancang untuk menghentikan keringat. Antiperspirant, yang menggunakan aluminium klorida untuk benar-benar mencegah produksi keringat. Bentuknya beragam, mulai gel, roll-ons, dan padat.

Selain itu, mandilah minimal sekali sehari untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau. Setelah mandi, pastikan ketiak kering. Jika Anda masih mengalami masalah dengan keringat dan bau, gunakan sabun antibakteri. Anda juga dapat gunakan bedak atau baking soda ke ketiak untuk menyerap kelembapan dan mencegah bau. Kenakan pakaian yang terbuat dari kain alami (seperti kapas, wol, atau linen). Itu memungkinkan kulit bernapas dan menjaga ketiak kering. Kain sintetis (seperti nilon, rayon, dan polyester) cenderung menjebak panas dan menyebabkan tubuh berkeringat.

Jika anda merasa kurang yakin dan lebih nyaman untuk berkonsultasi pada ahli kesehatan, periksalah ke dokter untuk memastikan bahwa hal ini tak disebabkan oleh penyakit medis. Keringat berlebih adalah gejala dari beberapa penyakit seperti penyakit jantung, hipertiroidisme, hipoglikemia, leukemia, menopause, limfoma non-Hodgkin, tuberkulosis, stres, dan gangguan kecemasan.

Nah, jika anda sudah mengetahu penyebab keringat berlebih serta cara mengatasinya. Baik bagi anda untuk lebih peduli kondisi tangan berkeringat berlebih. Lakukan hal yang dapat membuat keringat berlebih tidak mengganggu aktifitas anda, terutama dengan pola hidup sehat mengkonsumsi makanan sehat.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply