Tangan kesemutan ? ini sebabnya

Anda sering mengalami tangan kesemutan ?. Pada saat anda sedang aktif bekerja, tentu ini mengganggu aktifitas. Bagaimana jika sering mengalami tangan kesemutan?. Saat peristiwa ini terjadi, tangan menjadi kaku dan tidak terasa nyeri hingga sulit untuk digerakkan. keluhan tangan kesemutan cukup bervariasi, ada yang mengeluh hanya satu sisi tangan yang kesemutan, kedua tangan, ada yang hanya sesaat, jarang-jarang, dan tak jarang yang mengalami tangannya sering kesemutan.

tangan-kesemutanSeperti halnya penyakit lainnya kesemutan pada tangan ini menimbulkan ketidaknyamanan terutama bagi mereka yang aktif, bisa bisa akan mengganggu pekerjaannya. Maka tak heran, bagi siapa saja yang mengalaminya pasti penasaran sebenarnya apa penyebab tangan kesemutan yang sedang ia alami, apakah sesuatu yang berbahaya dan bagaimana cara mengatasi atau mengobatinya agar kesemutan dapat berkurang bahkan sembuh dengan tuntas.

PENYEBAB TANGAN KESEMUTAN
Kesemutan biasanya terjadi karena terhimpitnya pembuluh darah yang menyebabkan tidak adanya aliran darah ke bagian tertentu tubuh kita, biasanya pada kaki dan tangan. Rasa yang ditimbulkan oleh kesemutan ini cukup menyiksa, seperti dikerumuni ribuan semut dengan rasa yang menusuk-nusuk dan rasanya akan meningkat saat kita sentuh atau saat kita memindahkan posisi anggota badan kita yang kesemutan.

Bagi anda yang pekerjaan di dalam ruangan dan mengharuskan anda duduk terlalu lama, sebaiknya anda menyempatkan waktu untuk berdiri atau berjalan sejenak. Bagi anda yang suka tidur miring sebaiknya anda juga mengubah kebiasaan anda karena rentan terkena kesemutan. Sedangkan untuk mengatasi tangan kesemutan yang anda alami secara cepat, anda bisa mencoba cara cepat mengatasi kesemutan tanpa obat.

TANGAN KESEMUTAN BERLANGSUNG LAMA
Jika anda mengalami tangan kesemutan dan berlangsung cukup lama, bisa terjadi karena cedera pada saraf, saraf terjepit, dan stroke. Adapun Penyakit-penyakit atau kondisi yang berkaitan antara lain:

Tangan kesemutan karena Saraf Terjepit
Terjadi ketika saraf medianus (men-sarafi ibu jari, telunjuk, dan jari tengah) terjepit pada terowongan di pergelangan tangan sehingga dalam bahasa indonesia disebut sindrom terowongan karpal. Gejala yang ditimbulkan nya yaitu kesemutan, baal atau nyeri pada tangan, ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis. Gejala lebih nyata di malam hari dan sampai sampai bisa membangunkan seseorang dari tidurnya.

Artikel terkait :   Menjaga jantung dengan pola hidup sehat

Tangan kesemutan karena Trauma atau perlukaan
Trauma seperti patah tulang atau perlukaan yang membuat cedera pada saraf akan mengakibatkan kesemutan pada jalur saraf yang terlibat, jika kerusakan pada saraf di lengan bawah maka area dibawahnya akan mengalami kesemutan.

Tangan kesemutan karena stroke
Kesemutan yang timbul tidak hanya pada tangan tetapi juga lengan bahkan separuh badan, selain itu biasanya disertai kelemahan anggota badan yang terlibat, bicara pelo, bahkan penurunan kesadaran.

Tangan kesemutan karena Tumor Otak
Mirip dengan stroke, adanya massa atau tumor pada otak dapat membuat anggota tubuh yang terlibat mengalami kesemutan, selain kesemutan biasanya disertai gejala lain.

TANGAN KESEMUTAN PADA KEDUA TANGAN
Jika kesemutan terjadi pada kedua tangan (simetris) biasanya disertai juga dengan kaki kesemutan, kebanyakan karena terjadi kerusakan saraf tepi atau neuropathy perifer. Hal ini disebabkan oleh penyakit atau gangguan yang bersifat sistemik dan bukan lokal (lokal=hanya satu atau sebagian saraf yang terlibat). Kondisi atau penyakit yang menyebabkan kesemutan ini antara lain:

Diabetes. Kencing manis dengan gula darah tinggi yang tak terkontrol lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada saraf perifer yang ditandai dengan kesemutan, rasa baal, dan kaki tangan terasa dingin.

Penyakit sistemik. Ini termasuk ginjal gangguan, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah dan penyakit darah, amyloidosis, gangguan jaringan ikat dan peradangan kronis, ketidakseimbangan hormon (termasuk hypothyroidism ), dan kanker dan tumor jinak yang menimpa pada saraf.

Kekurangan vitamin. Vitamin E, B1, B6, B12, dan niasin sangat penting untuk fungsi saraf yang sehat. Kekurangan B12, misalnya, dapat menyebabkan anemia pernisiosa, merupakan penyebab penting dari neuropati perifer. Namun, terlalu banyak B6 juga dapat menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki

Artikel terkait :   Pola hidup sehat tanaman herbal berkhasiat

Alkoholisme. Alkoholik lebih mungkin untuk kekurangan vitamin B1 (beri beri) dan vitamin penting lainnya karena kebiasaan diet yang buruk, sehingga timbullah neuropati perifer. Ada juga kemungkinan bahwa alkohol itu sendiri dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Racun. Ini termasuk logam berat seperti timbal, arsen, merkuri dan talium, dan beberapa bahan kimia industri dan lingkungan. Termasuk juga obat tertentu – terutama obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk kanker paru-paru – tetapi juga beberapa obat antivirus dan antibiotik.

DIAGNOSA TANGAN KESEMUTAN
Untuk menentukan penyebab tangan kesemutan secara pasti periksalah ke dokter, selain melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik mungkin diperlukan juga pemeriksaan penunjang, termasuk periksa darah, untuk mendeteksi diabetes, kekurangan vitamin, fungsi hati dan ginjal, gangguan metabolik lainnya dan tanda-tanda aktivitas sistem kekebalan tubuh yang abnormal.

Mengatasi tangan kesemutan
Kesemutan pada tangan terjadi karena adanya hambatan pada aliran darah yang mengalir ke syaraf-syaraf pada tangan. Biasanya terjadi atau kita alami saat kita sedang tidur karena kita tidak menyadari saat kita menghimpit atau menindih tangan terlalu lama. Bisa juga terjadi saat kita menonton TV sambil tiduran miring dan menopang kepala kita dengan tangan dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasinya

  1. Posisikan tangan anda pada posisi yang nyaman.
  2. Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan anda.
  3. Jika terjadi kesemutan pada tangan kanan maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kiri anda.
  4. Dengan cara ini kesemutan yang anda rasakan seperti rasa tertusuk-tusuk apa lagi saat posisi tangan dipindahkan akan hilang, yang tertinggal hanyalah rasa kebas dan itu rasanya tidak menyiksa.
  5. Cukup diamkan sampai aliran darah normal kembali dan rasa kebasnya berangsur menghilang.

Nah, dengan mengetahui penyebab tangan kesemutan, lebih baik anda lebih memperhatikan jika peristiwa tersebut sering anda alami.

@Tips bermanfaat – 2015

Leave a Reply