Teknik foto dalam air dengan HP

Sering foto selfie tapi masih kurang puas?. Teknik foto dalam air menjadi tantangan, terutama memilih kamera tahan air untuk gaya foto menakjubkan dan unik. Banyak sekarang foto selfie dalam air yang menampilkan aktifitas saat berada dalam air. Anehnya lagi sangat unik mereka mempertontonkan peristiwa atau barang yang jarang ditemui dalam air, seperti sepeda motor, becak, ayunan, sampai pada proses pre wedding yang sangat menakjubkan bagi yang melihatnya. Bukan hanya monopoli seorang fotografer profesional untuk membuat foto dalam air yang indah, sekarang kita bisa melakukannya sendiri dengan teknik foto dalam air yang sangat sederhana. Tidak memerlukan kamera canggih dengan harga mahal, ada teknik yang dapat diterapkan dengan tips teknologi dari gadget canggih semua merk. Mari simak teknik foto dalam air yang dapat anda lakukan sendiri bersama keluarga atau pasangan.

Apa sih kelebihan foto dalam air?

Fotografi bawah air adalah proses pengambilan foto yang dilakukan di dalam air, bisa air laut maupun air darat seperti sungai dan danau. Kegiatan ini biasa digolongkan sebagai salah satu bentuk seni dan metode perekaman data. Biasanya fotografi bawah laut dilakukan ketika seseorang melakukan scuba diving, namun akhir-akhir ini banyak yang melakukannya ketika snorkeling, berenang biasa, atau bahkan dari atas air.

Seseorang bisa aja melakukan fotografi bawah air dengan menggunakan alat khusus, kamera anti air misalnya. Dengan kamera tersebut, fotografer bisa mencari titik foto yang bagus selagi menyelam. Selain itu, fotografer juga bisa menggunakan kendaraan bawah laut yang digerakkan dari jauh. Jadi, sang fotografer bisa mencari spot foto tanpa perlu menyelam.

Obyek yang biasa menjadi “sasaran” para fotografer bawah air adalah binatang-binatang air seperti ikan, tanaman air, atau bahkan suasana pemandangan bawah air yang jauh berbeda dari pemandangan di daratan. Nah yang lagi “in” sekarang adalah selfie bawah air. Jadi anda bisa mengambil gambar diri anda sendiri yang sedang berenang atau melakukan aktivitas bawah air. Pose yang digunakan pun bisa sangat berbeda. anda akan terlihat seperti “melayang” di dalam air.

foto-bawah-airApa yang perlu disiapkan untuk foto bawah air pakai smartphone?

Di saat ini banyak sekali smartphone yang telah dibekali dengan spesifikasi yang sangat canggih. Untuk kecanggihan smartphone yang saat ini banyak di cari adalah smartphone yang bisa bertahan didalam air atau dapat bertahan pada saat terkena air. Dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang ini, rupanya para vendor smartphone berlomba – lomba untuk membuat smartphone terbaru mereka dengan spesifikasi yang tangguh dan tentunya dapat bertahan jika terkena air.

Artikel terkait :   Teknik foto saat hujan rintik

Dengan semakin banyaknya smartphone yang kini telah memiliki spesifikasi yang tangguh dan dapat bertahan jika terkena air, maka banyak lupa para pecinta selfie atau fotografer yang saat ini semakin narsis melakukan selfie didalam air. Tidak hanya itu, dengan smartphone yang dapat bertahan di air, mereka juga mengabadikan setiap moment pada saat sedang berenang. Nah, bagi anda yang ingin mencoba hal sama, anda bisa menggunakannya dengan smartphone yang sudah memiliki sertifikat yang kedap air.

Untuk salah satu smartphone yang saat ini bisa anda gunakan untuk memotret di dalam air, anda bisa menggunakan smartphone buatan Sony dengan seri Sony Xperia Z Ultra. Smartphone yang satu ini dapat anda gunakan untuk dapat memotret di dalam air dengan kedalaman 1 meter dengan durasi waktu 30 menit.

Namun sebelum anda melakukan pemotretan didalam air, ada baiknya anda menggunakan tips atau cara untuk dapat melakukan pemotretan yang akan kami share di kesempatan kali ini. Lalu seperti apa tips atau cara untuk dapat memotret didalam air ?

1. Wajib Bisa Berenang
Jika anda ingin mengambil foto didalam air, modal pertamanya tentu saja anda harus bisa berenang, hal ini tentu saja untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan. Sebelum memutuskan untuk menyelam dan mengabadikan pemandangan di bawah laut, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa anda bisa berenang dengan baik. Kemampuan berenang yang baik sangat diperlukan agar anda merasa nyaman dan meminimalisir resiko cidera saat berada di dalam air untuk mengambil foto bawah air di sana.

2. Tentukan Lokasi Yang Akan Menjadi Tempat Pengambilan Foto
Sebelum anda melakukan pengambilan foto di dalam air, maka ada baiknya anda kenali terlebih dahulu kondisi di tempat yang akan anda jadikan sesi pemotretan, untuk hal ini anda bisa memperkirakan apakan kedalaman air lebih dari 1 meter atau tidak. Anda juga dapat memilih tempat yang memili pesona dalam air yang bagus untuk hasil foto yang akan anda ambil.

Artikel terkait :   Memasang antena parabola sendiri

Sama halnya dengan foto di darat, sebelum pergi ke tempat hunting foto bawah air, anda juga harus mengenali kondisi medan yang akan anda taklukkan. anda bisa broswing di internet untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang lingkungan tempat anda akan menyelam dan mengambil foto.

3. Gunakan Smartphone Yang Memiliki Sertifikat Kedap Air
Seiring dengan teknologi yang mengalami perkembangan begitu pesat, para produsen smartphone semakin berinovasi untuk menghadirkan smartphone dengan fitur-fitur yang tidak biasa, seperti smartphone yang tahan terhadap air. Sony menjadi perusahaan smartphone pertama yang mengeluarkan smartphone anti air ini. Salah satu ponsel pintar Android tahan air terbaru yang dikeluarkannya adalah Sony Xperia Z Ultra. Nah jika tertarik untuk mengambil foto bawah air, anda bisa menggunakan smartphone canggih yang kebal air seperti Sony Xperia Z Ultra ini. Tapi jangan lupa juga untuk mencari tahu seberapa besar kemampuan smartphone tersebut untuk bertahan di dalam air yah. Misalkan untuk Sony Xperia Z Ultra sendiri bisa bertahan di air dengan kedalaman 1 meter dengan durasi maksimal 30 menit.

4. Lengkapi Smartphone Dengan Casing Anti Air
Jika teman-teman belum memiliki smartphone atau hp yang tahan air atau kamera yang waterproff, solusi akhrinya bisa mengugnakan casing pelindung tahan air. Terbuat dari bahan plastik yang bisa didapatkan dengan harga murah dan terjangkau. Cukup masukkan perangkat kamera kedalam plastik pelindung tahan air, kemudian tutup dan kunci penutup yang terdapat diatas plastik.

5. Ambilah Foto Sebanyak Mungkin
Karena smartphone yang akan kita gunakan memiliki batas waktu pada saat digunakan didalam air, ambillah foto sebanyak yang anda bisa. Jangan menghabiskan waktu hanya untuk melihat hasil foto anda setelah dijepret. Karena tidak memiliki banyak waktu di bawah air, lebih baik anda mengambil foto sebanyak-banyaknya, kemudian baru memilihnya saat sudah berada di darat. Untuk itu, bekali smartphone-mu dengan memory card berkapasitas besar yang mampu menampung banyak

6. Agar Lebih Aman Gunakan Perlengkapan Menyelam
Agar hasil foto maksimal dan kita juga selamat dari bahaya atau hal – hal yang tidak kita ingin, maka ada baiknya kita menggunakan perlengkapan menyelam pada saat melakukan pengambilan foto didalam air.

Leave a Reply