Teknik pengambilan foto selfie cantik

Mendapatkan foto selfie bisa saja dibantu dengan tongsis, tetapi teknik pengambilan foto selfie cantik dan unik memerlukan pengalaman mengenai penentuan posisi dan sudut yang tepat. Memang tidak mudah mendapatkan foto selfie yang dapat membuat orang lain terkagum dengan hasil jeperetan kita. Teknik pengambilan gambar saat melakukan selfie dapat dipelajari asal memahami beberapa teknik dasar yang menjadi penentu kualitas foto yang menarik dan unik. Tidak perlu harus mencari tempat yang terpencil atau eksotis untuk bisa mendapatkan hasil foto yang menarik jika anda dapat memainkan teknik pengambilan gambar yang tepat. Lalu, bagaimana teknik pengambilan gambar yang dianjurkan agar mendapatkan hasil yang maksimal ?

Apa alasan melakukan foto selfie?

Foto selfie memang menjadi salah satu hobi yang tak dapat dilepaskan dari kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi dimana seseorang hanya membutuhkan beberapa detik saja mengunggah hasil jepretan foto ke akun jejaring sosial miliknya.

Kebiasaan ini tentu dengan berbagai tujuan dan motif yang diantaranya bisa berupa sharing mengenai update terbaru seputar dirinya, berharap mendapatkan pujian dengan penampilannya, ingin memamerkan model rambut terbaru yang dimilikinya dan lain sebagainya. Namun apa pun itu selama masih dalam koridor serta perspektif yang positif, tentu foto selfie bukanlah sebuah masalah.

Selain itu, foto selfie bisa sangat bermanfaat karena anda belajar bagaimana untuk mengarahkan orang saat dipotret. Karena cara terbaik mengarahkan orang untuk berpose adalah dengan menunjukkan kepada mereka apa yang anda inginkan.

Walaupun demikian memotret selfie atau self-portrait memiliki kesulitan tertentu, karena anda harus berpose sekaligus memotret. Tidak jarang harus bolak-balik melihat kamera untuk mengecek hasil foto apakah sudah sesuai dengan keinginan atau tidak. Tentu jika orang lain yang memotret bukan lagi disebut foto selfie. Namun demikian, ini sepadan untuk dilakukan.

Apa teknik pengambilan foto selfie agar terlihat cantik?

Perlu dipahami, salah satu hal yang paling sulit dalam melakukan foto ini tentunya adalah mendapat hasil yang terbaik yang sesuai dengan keinginan. Kesulitan berfoto selfie tentunya dilatari oleh berbagai kendala, misalnya pengambilan foto yang dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain, penggunaan kamera atau ponsel dengan kualitas yang kurang bagus, pencahayaan yang kurang sempurna dan kendala-kendala lainnya.

Artikel terkait :   Teknik foto dalam air dengan HP

Nah, untuk mempertajam ketrampilan serta keahlian anda untuk melakukan foto selfie, lakukan beberapa hal berikut ini :

Tangkaplah sudut yang bagus – Jangan langsung mengambil foto, namun cobalah beberapa sudut untuk menunjukkan bentuk wajah Anda. Jika kepala Anda berputar beberapa derajat ke kanan atau ke kiri, wajah Anda akan terlihat lebih tirus. Peganglah kamera agak tinggi dari kepala Anda agar pandangan kamera mengarah ke bawah pada wajah Anda, karena ini akan membuat mata Anda terlihat lebih besar dan membantu Anda terhindar dari tampilan “hidung babi”.

Perlihatkan sesuatu yang baru – Jika Anda memutuskan untuk mengambil foto selfie untuk menunjukkan model rambut atau sepasang anting-anting yang baru, pastikan bahwa Anda membuat foto tersebut sedemikian rupa sehingga menunjukkan hal baru Anda yang menyenangkan itu.

Berfokuslah pada satu fitur – Jika Anda berencana menunjukkan wajah Anda dari dekat, pertimbangkan bahwa menonjolkan satu titik tertentu berarti mengaburkan bagian-bagian lainnya. Cara ini akan efektif terutama jika Anda ingin menunjukkan satu titik atau satu bagian yang benar-benar Anda sukai.

Tampilkan ekspresi yang menarik – Senyum adalah ekspresi yang tidak mungkin salah! Mungkin tersenyum kepada lensa kamera atau layar ponsel membuat Anda sedikit terlihat bodoh, tetapi memotret diri sendiri sesekali dengan ponsel Anda memang pada dasarnya adalah tindakan yang cumuk konyol. Jika Anda berkepribadian serius, eskpresi yang tenang dan keren juga dapat menghasilkan foto yang baik.

Hindari penggunaan flash saat selfie – Saat melakukan selfie, anda sebaiknya menghindari penggunaan flash kamera. Flash yang muncul akan menyebabkan efek hari yang mendung pada hasil selfie anda. Selain itu, di tempat yang kurang cahaya, flash akan menimbulkan red eye. So, be careful with your flash. Dengan tanpa flash maka hasil selfie anda akan lebih terlihat lebih menarik dan alami.

Artikel terkait :   7 Cara foto selfie bagus dan keren

Jangan Lupakan Komposisi – Komposisi tidak hanya berlaku dalam memotret landscape, namun juga berlaku dalam memotret diri. Rule of third, diagonal, similarity, bahkan framing. Anda harus perhatikan hal-hal tersebut sebelum memulai memotret diri. Kebanyakan dari kita akan berpose persis di tengah frame atau di death center. Kalau tidak ada alasan yang cukup kuat, sebaiknya anda berpose di samping atau pojok frame. Selfie yang bagus tidak saja menunjukan wajah anda namun juga background lokasi foto.

Selfie Tidak Selalu Foto Wajah – Narsis memang sudah menjadi kebutuhan dewasa ini, namun foto selfie bukan selalu tentang wajah. Foto anatomi bagian tubuh anda pun termasuk dari foto selfie. Anda bisa memadukannya bersama dengan aksesoris yang sudah menjadi ‘identitas’ diri. Contohnya seperti permen karet yang sudah menjadi identitas Lupus, atau cangkok tembakau yang menjadi ciri khas dari Sherlock Holmes.

Selfie tidak harus selalu tersenyum – Self-portrait berbicara mengenai menampilkan emosi manusia ke dalamnya, dan emosi manusia tidak sebatas hanya senyum dan tertawa. Anda dapat berpose ekspresi emosi seperti marah, sedih, bingung, kaget, dsb.

Latihan yang baik untuk ini adalah anda dapat membuatnya dalam satu kolase foto berbagai ekspresi wajah. Menarik bagaimana melihat ekspresi diri sendiri. Ini juga melatih anda bagaimana tampil alami di depan kamera tanpa terlihat canggung. Selain itu ini juga sangat berguna nantinya saat anda harus mengarahkan orang lain dalam memotret.

Gunakan Objek Reflektif – Sebagai penggemar selfie pasti sudah tidak asing dengan cermin, namun selain cermin anda dapat brmain dengan objek reflektif lain seperti perkakas dapur, kaca mata, dan hal menarik lainnya yang bisa anda temui dan gunakan. Intinya adalah mencipatakan sesuatu yang kreatif dan tidak monoton.

Nah, paling tidak anda mengetahui beberapa teknik pengambilan gambar untuk selfie agar kelihatan lebih cantik dan unik. Keluar dari kebiasan dan tampilkan apa adanya.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply