Tips bermanfaat daun kenikir untuk kesehatan

Tips bermanfaat – daun kenikir baik untuk kesehatan terutama membakar lemak serta menurunkan berat badan karena kandungan antioksidan mengusir radikal bebas dalam tubuh. Anda tahu daun kenikir, yang sering dikonsumsi untuk lalapan dengan bau yang khas. Tetapi masih sedikit orang yang tahu bahwa daun kenikir ini ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Baik itu dibuat sebagai obat alami untuk penyembuhan penyakit, maupun dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Kenikir dapat kita temui dengan mudah disekitar kita. Hal demikian karena banyak para petani yang sudah membudidayakan tanaman kenikir untuk kebutuhan bagi kalangan masyarakat. Bagi kebanyakan orang biasanya memanfaatkan daun kenikir sebagai salah satu menu lalapan atau urap-urap, yang sampai saat ini biasa dikenal dengan urap-urap khas Jawa. Dimana daun kenikir memang menjadi salah satu bahan masakan lalapan yang tak bisa dilewatkan. Daun kenikir selain bermanfaat untuk menambah nafsu makan bagi orang yang menyukai lalapan, ternyata menyimpan banyak manfaat dari kandungan yang ada didalamnya.

Dalam sebuah penelitian juga menemukan kalau daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi. Sifat antioksidan yang dimiliki kenikir memungkinkan pengembangan tanaman ini sebagai agen kemopreventif. Kandungan antioksidan  atau flavonoid yang terdapat pada daun kenikir ini, mampu memperbaiki sel-sel pada tubuh. Bahkan flavonoid ini bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Yang mana nantinya akan berperan untuk memperkuat otot pada jantung, dan pembuluh darah dalam tubuh. Tentu ini menjadi tips bermanfaat untuk anda yang menderita penyakit jantung dapat mengambil manfaat dari daun kinikir.

Selain itu, tips bermanfat yang lain dari daun kenikir adalah, dalam daun kenikir, terdapat kandungan saponin, terpenoid, antioksidan , flavonoid yang semuanya itu bisa dijadikan bahan alami untuk melawan sel kanker. Oleh karena itu, daun kenikir bisa jadikan obat untuk menanggulangi penyakit kanker, layaknya kanker hati, payudara, dan lambung. Dengan cara meminum rebusan air kenikir secara rutin dan teratur, maka hal demikian bisa anda terapkan dalam menanggulangi jenis penyakit ini.

Artikel terkait :   Tanaman herbal untuk mengatasi asam urat

Tips bermanfaat yang lain dari daun kenikir adalah untuk membersihkan darah dari racun dalam tubuh anda. Hal demikian karena kandungan vitamin E, flavonoid, antioksidan yang terdapat pada daun kenikir, memang cukup dikenal untuk menetralisir darah dari racun yang berbahaya bagi tubuh. Sehingga dengan cara mengkonsumsi daun kenikir secara rutin, secara tidak langsung kondisi darah dalam tubuh bisa terbebas dari zat racun yang berbahaya.

Selain itu, jangan berhenti untuk mengabil manfaat dari daun kenikir, karena kandungan mineral, kalsium, dan magnesium yang terdapat pada daun kenikir, memang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dalam tubuh. Sehingga dari situ bisa menjadikan tulang dalam tubuh terjaga dengan baik, dan tetap kuat. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk lalapan sayuran, atau berupa air rebusan untuk menjadikan tulang anda kuat. Tips ini bermanfaat bagi anda para pria yang menginginkan tubuh yang kuat serta stamina optimal.

Tips bermanfaat daun kenikir untuk para kaum wanita yang menginginkan kesegaran kulit dan nampak awet muda, daun kenikir juga bisa mencegah tubuh  anda dari penuaan dini. Yang mana dengan mengkonsumsi sayur kenikir secara rutin, maka kulit anda bisa terjaga dengan baik, dan sehat. Sehingga hal tersebut bisa mencegah kulit mudah keriput. Oleh sebab itu, hendaknya daun kenikir ini bisa anda konsumsi secara rutin, agar tubuh bisa terlihat awet muda.

Tidak salah lagi, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari daun kenikir, terutama untuk anda yang tetap bugar dalam kondisi iklim tidak menentu. Kandungan polifenol, tokoferol, dan hidroksieugenol pada daun kenikir ini, sangat berguna untuk menetralkan asam lambung yang mungkin anda derita. Hal demikian karena kandungan tersebut bisa berguna untuk menguatkan otot sphincter lambung pada tubuh anda.  Oleh karena itu, dengan cara mengkonsumsi daun kenikir ini, bisa anda jadikan obat alami mengatasi lemah pada lambung.

Artikel terkait :   Tips bermanfaat jeruk nipis melawan kolesterol

Nah, banyak manfaat yang kita peroleh dari daun kenikir. Tips bermanfaat ini jangan anda abaikan karena dengan tanaman jenis herbal ini tidak akan menimbulkan efek negatif, tetapi malah sangat baik untuk menjaga kesehatan serta pola hidup sehat.

@Tips bermanfaat

Leave a Reply