Tips memilih hp android terbaik

Berbagai merk hp promosikan harga murah dan fitur lengkap, bersaing dengan hp bermerk. Bagaimana tips memilih hp android terbaik sesuai isi kantong anda?. Banyak yang menawarkan harga yang bersaing berbeda merk, kemampuan dan fiturnya sangat mirip sehingga membingungkan saat memilih. Bagi yang gak begitu paham mengenai detail barang seperti prosesor atau hal teknis akan mudah sekali bujuk rayu membeli hp android yang lebih mahal walau kemampuannya sama. Beberapa pembeli memang lebih memilih merk saat memilih hp karena uang bukan masalah. Akan tetapi yang memiliki uang yang terbatas, pasti sangat hati2 dalam memilih hp android agar puas saat memilikinya. Bagaimana tips teknologi mengulas hal ini? Bagaimana tips memilih hp android terbaik sesuai kantong anda?. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli hp android?

Sebelum anda membeli hp android, pasti anda sudah memilah dan memilih beberapa hp android yang anda incar. Pastikan anda tidak membeli hp androdi yang ternyata fitur dan spesifikasinya tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Apalagi hp android memiliki harga yang terkesan mahal, walaupun ada juga banyak pilihan android dengan harga murah dengan beberapa batasan fitur dan spesifikasi yang dimiliki. Jangan lupa juga sesuaikan dengan jumlah budget yang anda keluarkan, jangan membebani diri anda untuk memiliki android yang harganya jauh diatas kemampuan anda.

Untuk mempermudah anda menentukan hp android, sebaiknya perhatikan fitur berikut ini yang terdapat pada hp android pilihan anda agar android yang anda beli benar-benar fungsional untuk anda.

1. Ukuran Layar atau Display. Untuk memilih ukuran display, yang perlu anda pertimbangkan adalah kegunaan smartphone android anda. Jika anda banyak membutuhkannya untuk menelpon dan SMS serta kurang memerlukan untuk memutar video atau beberapa jenis multimedia lain, lebih baik anda memilih smartphone dengan ukuran 4 inchi atau kurang dari itu. Hal ini akan memudahkan anda dalam memakai, membawa dan tidak perlu bingung menyimpannya saat anda tidak membawa tas.

2. Baterai. Smartphone android berbeda dengan hp biasa, penggunaan daya dapat berlipat ganda. Android sangat boros dalam penggunaan batrai. Untuk itu, jika anda bekerja di tempat yang jarang menemukan colokan listrik hendaknya memilih Smartphone yang memiliki kapasitas baterai lebih dari 1500 mAh.

Artikel terkait :   Memilih smartwatch murah dibawah 1 juta

3. Prosessor. Prosessor merupakan otak dari ponsel pintar android. Semakin besar prosesor yang dimiliki akan semakin cepat dalam mengakses data pada aplikasi yang berjalan. Jika ingin memilih prosesor yang tinggi maka hendaknya disertai dengan memilih kapasitas batrai yang besar pula.
Smartphone Android-2

4. Kamera. Kamera sangat berguna bagi anda yang suka berpose. Jika anda suka berpose, maka pilihlah Smartphone Android yang dilengkapi dengan auto focus dan flash light untuk menunjang hasil jepretan. Jika anda gemar melakukan video call hendaknya memilih smartphone android yang memiliki dual kamera.

5. RAM / memory. Kapasitas RAM dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang akan anda gunakan. Jika anda hanya memerlukan sedikit aplikasi, maka lebih baik memilih RAM di bawah 1 GB. Namun jika anda perlu menggunakan banyak aplikasi, maka hendaknya memilih RAM di atas 1 GB. Semakin banyak kapasitas RAM maka harga Android juga akan semakin mahal.

6. Keyboard. Nah, ini penting bagi anda yang memiliki ukuran jari besar. Pilihlah android yang menyediakan keyboard yang dapat diubah menjadi qwerty maupun ke tompol papan. Dengan demikian anda dapat menyesuaikan ukuran jari dengan keyboard. Jika android anda touchscreen, biasanya banyak terjadi kesalahan dalam mengetik jika menggunakan tipe qwerty.

7. Kepekaan touchsreen. Bagi anda yang baru menggunakan Smartphone dengan layar sentuh, maka pilihlah smartphone android yang kepekaannya standar. Anda bisa mengetesnya dengan cara ditempelkan ke telinga, jika ada tombol yang tertekan maka layar tersebut terlalu sensitif. Bagi pemula, hendaknya memakai layar yang tidak terlalu peka. Hal ini untuk mengurangi kesalahan pencet saat menggunakan smartphone.

Apakah hp yang charging cepat itu bagus untuk keawetan batere?

Baru baru ini fitur pengisian daya baterai yang lebih cepat mulai diperkenalkan pada smartphone terbaru. Namun apakah sebenarnya yang membuat proses pengisian daya atau charging baterai ini lebih cepat? Inilah yang ingin saya bahas kali ini dengan harapan dapat menambah informasi dan membantu proses charging smartphone Anda menjadi lebih cepat.

Kecepatan proses pengisian daya baterai tidak lepas dari fitur dan kemampuan yang disematkan pada perangkat hardware sebuah ponsel baik itu processor hingga chargernya. Begitu pula dari sisi software, design tampilan UI dan aplikasi yang aktif juga mempengaruhi terhadap kecepatan proses charging. (baca juga: 5 Penyebab Kenapa Charge Baterai Lambat)

Artikel terkait :   HP Android sering panas?

Processor Smartphone
Processor memiliki andil yang sangat penting bagi smartphone termasuk dalam hal ini kecepatan mengisi baterai. Salah satu vendor processor yang populer yaitu qualcomm memperkenalkan fitur Quick Charge yang mampu mempersingkat proses charge. Fitur Quick Charge versi 2.0 mampu mengisi daya dari 0 hingga 60% hanya dalam 30 menit, sementara versi terdahulunya (Quick Charge 1.0) mampu mengisi hingga 30% dalam waktu yang sama menggunakan charger standar. Beruntunglah bagi Anda yang memiliki ponsel yang dibekali qualcomm quick charge 2.0 di dalamnya seperti Samsung Galaxy S4, Sony Experia Z2, Xiaomi Mi3 dan lain-lain.

Kapasitas dan Tipe Charger
Tahukah Anda, bahwa tidak semua charger itu sama baik dari satu vendor apalagi berbeda. Adapun hal yang paling penting dari sebuah charger adalah output voltase dan amperenya, di mana semakin besar maka semakin cepat pula proses chargingnya. Charger standar yang paling banyak beredar rata-rata hanya menggunakan output 5.0v/500mA (0.5A) maka tidak heran jika Anda harus mengisi energi baterai hingga semalaman penuh.

Beberapa charger samsung sudah dibekali output 5.0V/1A yang mampu mengirit waktu hingga 2 kali lebih cepat. Atau Samsung bahkan menawarkan produk terpisah Adaptive fast charger yang dibekali dengan output hingga 2Amp.

Sama halnya Oppo yang mengklaim dirinya memiliki teknologi charging tercepat di dunia (???), Oppo memperkenalkan VOOC rapid charge technology dalam charger khusus. Charger ini memiliki bentuk yang lebih besar dari ukuran charger smartphone pada umumnya. Kemungkinan karena terlalu banyak pengaman, karena semakin cepat dan besar daya yang dimasukkan ke dalam baterai, ada resiko overheating baik dari charger, kabel, perangkat, atau baterai itu sendiri. Untuk menjamin keamanan saat pengisian, Oppo menaruh dua pengaman panas di dalam charger, pada kabel, pada ponsel, hingga pada baterai yang diisi.

Aplikasi Berjalan
Aplikasi yang berjalan pada smartphone meminta alokasi daya tersendiri untuk terus aktif dan berjalan. Semakin banyak aplikasi berjalan maka semakin banyak pula daya terbuang. Ini jelas berlawanan dan bertolak belakang dengan proses pengisian daya baterai. Maka sebaiknya Anda nonaktifkan aplikasi selama melakukan cas ponsel.

Leave a Reply