Tips memilih power bank yang baik

Membeli secara online memang mudah dan efektif, tapi sulit memilih yang asli. Tips memilih power bank yang baik dan berkualitas banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, bukan saja harus melihat dari segi harga dan merk, tetapi juga kualitas penjual yang harus diperhatikan. Transaski jual beli online memang semakin diminati banyak orang karena sangat praktis dan cepat, selain segi keamanan yang diberikan oleh penyedia jasa jual beli onlie sudah mulai rapi, tetapi kita harus pandai dan jeli agar tidak salah pilih barang. Dalam artikel tips teknologi kali ini, akan membahas bagaimana memilih power bank yang baik agar tidak salah memilihnya. Mari kita simak penjelasannya lebih lanjut.

Apa alasan kita butuh power bank?

Kita sering mendengar istilah power bank namun banyak juga yang tidak tahu artinya. Kata tersebut berasal dari bahasa inggris, yang memiliki arti “penyimpan daya”. Ya, itulah power bank, sebuah alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana, yang berfungsi untuk men-charge kembali gadget kita saat kehabisan daya, dimana kita berada dalam posisi jauh dari sumber listrik. Dilihat dari fungsinya, alat ini juga diberi nama portable charger, karena dapat digunakan untuk mengisi ulang gadget dimanapun dan kapanpun.

Power bank memang khusus dibuat untuk para pebisnis, orang-orang lapangan yang jarang masuk ruangan, dan orang yang sering dalam perjalanan. Benda mungil itu memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari 3000 mAh sampai 11000 mAh. Penggunaannya cukup mudah. Kita cukup mengisi atau men-charge power bank hingga penuh. Setelah itu, power bank dapat digunakan untuk mengisi baterai gadget kita. Misalnya memiliki baterai berkapasitas 1500 mAh. Jadi, power bank berkapasitas 3000 mAh dapat mengisi. baterai 1500 mAh hingga dua kali charge.

Apa maksud angka kapasitas power bank?

Maksud dari angka 2.000, 5.000, ataupun 12.000 yang tertera di sebuah PowerBank adalah indikator dari kapasitas total sel baterai yang ditanamkan didalam PowerBank tersebut. Logikanya, semakin besar angka yang tertera, maka makin besar kapasitas yang tersedia dan semakin besar tenaga yang disimpan dan siap disalurkan PowerBank tersebut ke perangkat anda.

Apa dengan begitu PowerBank dengan kapasitas 12.000 dapat mengisi ulang ponsel dengan kapasitas 2.000 mAh sebanyak 6 kali?

Tidak, mungkin secara matematis kita bisa menghitung seperti itu dimana 12.000 bila dibagi dengan 2.000 akan menghasilkan angka 6 yang berarti bisa di isi ulang sampai 6 kali. Namun, dalam prakteknya tidak seperti demikian karena adanya konversi tenaga dan tenaga yang hilang saat proses isi ulang dilakukan.

Artikel terkait :   Kapasitas power bank yang awet

Apa sebab harga power bank ada yang murah sekali walau kapasitas besar?

Terkadang kita menemukan perbedaan harga yang sangat mencolok. Seperti PowerBank A dan B yang kita temukan di toko online, dimana PowerBank A dengan kapasitas 6.000 mAh dibandrol seharga 400 ribu rupiah sedangkan PowerBank B dengan kapasitas yang sama dibandrol dengan harga 200 ribu rupiah. Nah, mengapa terjadi gap harga yang jauh? Ada beberapa alasan logis yang akan kita jelas kan.

Yang pertama adalah keuntungan yang diambil oleh vendor. Semakin kecil keuntungan yang ingin diraup oleh vendor, tentunya akan membuat harga PowerBank menjadi lebih murah. Kita ambil contoh, vendor dari PowerBank A dan B memiliki modal harga yang sama yaitu 100 ribu rupiah. Vendor PowerBank A menginginkan untung 300 ribu sedangkan vendor PowerBank B menginginkan untung 200 ribu. Maka akan terjadi perbedaan harga.

Yang kedua adalah volume produksi dan vendor PowerBank tersebut. Semakin banyaknya total produksi dari PowerBank tentu akan menyebabkan lebih murahnya harga. Begitu juga dengan makin baiknya nama suatu vendor maka akan menyebabkan makin tingginya harga sebuah produk, dalam kasus ini adalah PowerBank. Tentunya akan ada pertambahan nilai harga barang.

Yang terakhir adalah kejujuran dari vendor. Sering kita temui kebohongan dibalik sebuah PowerBank. Seperti dari kasus yang sudah pernah kita temukan dimana sebuah PowerBank memiliki kapasitas yang sangat jauh dibandingkan dengan angka yang tertera. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata setelah dibongkar, ini lah isi dari PowerBank tersebut. Ternyata PowerBank tersebut hanya berisikan 2 buah baterai dengan total masing masing 2000 mAh 3.7 volt. Maka bila ditotalkan, PowerBank ini hanya memiliki kapasitas 14.800 mWh.

Bagaimana menentukan power bank yang berkualitas bagus?

Power bank merupakan salah satu perlengkapan cukup penting dan sering dibawa oleh orang yang memiliki gadget atau smartphone canggih. Jika dilihat dari model jenis, powerbank sendiri juga mempunyai beberapa macam model berbeda dengan harga bervariasi. Untuk dapat memilih power bank yang berkualitas bagus, ada beberapa kriteria sebagai berikut ini :

1. Melihat Kelengkapan Aksesoris dari Power Bank
Langkah kedua yang juga perlu kita perhatikan adalah dengan cara memilih kelengkapan dari aksesoris yang ada dari power bank. Hal paling penting adalah kita dapat mencoba terlebih dahulu melihat apakah ada lampu indikator, konektor, kabel A/C dan juga baterai asli. Kita dapat mencoba untuk dapat melihat terlebih dahulu kelengkapan yang ada sebelum kita membeli power bank.

Artikel terkait :   Bagaimana mempercepat koneksi wifi android?

2. Kapasitas Power Bank dan Berapa Kali Charge
Langkah berikutnya yang perlu kita lakukan sebelum membeli sebuah power bank adalah melihat terlebih dahulu kapasitas daya yang ada dari powerbank. Hal ini penting supaya kita dapat melakukan pengisian energi secara makismal. Kapasitas power bank bervariasi mulai berkapasitas rendah, sedang sampai kapasitas besar. Kapasitas power bank riil terkadang tidak sama dengan kapasitas power bank yang tertera pada labelnya. Jalan terbaik adalah membeli powerbank berkualitas dari pabrikan ternama seperti Samsung atau yang lainnya. Karena powerbank berkualitas hampir memiliki kapasitas sesuai label.

Power bank pada umumnya memiliki kapasitas berbeda dengan label. Jika dihitung Power bank yang memiliki kapasitas 5600 mAh yang digunakan untuk mengisi baterai berkapasitas 2100 mAh maka power bank tersebut akan mampu mengisi sampai 3x charger sampai penuh. Sedangkan pada umunya powerbank yang ada hanya mampu mengisi penuh hingga 2x atau 1x saja. Powerbank berkualitas biasanya memiliki daya riil hampir mendekati 100% dari labelnya.

3. Melihat Harga Power Bank ( Harga Mahal Lebih Menjamin Kualitas )
Anda tentunya tidak menginginkan baterai smartphone mahal anda rusak hanya gara-gara powerbank, maka jangan berat untuk membeli powerbank berkualitas meskipun harga Power bank itu mahal. Pastikan merek asli dan kapasitasnya memang setara dengan harga power bank tersebut. Sebaiknya anda membeli powerbank merk kepercayaan anda dan di toko terpercaya. Karena toko-toko gadget terpercaya juga akan menjaga kualitas barang yang dijualnya termasuk powerbank.

4. Perhatikan Cell Power Bank
Sebagian besar orang membeli powerbank tanpa memperhatikan jenis cell dari powerbank itu sendiri. Namun sebaiknya anda juga memperhatikannya karena cell pada power bank akan berpengaruh pada awet atau tidaknya daya sebuah power bank. Contoh Cell yang bagus adalah Japan Cell, Samsung Cell, Sanyo Cell dll.

5. Melihat Garansi (Minimal 1 tahun)
Di pasaran saat ini banyak sekali powerbank abal-abal dengan harga cukup murah namun tidak memberikan garansi terhadap produknya. Jika anda ingin membeli powerbank, pastikan terdapat garansi resmi dari pabrik minimal 1 tahun sehingga meyakinkan kita bahwa powerbank tersebut memiliki kualitas bagus. Garansi resmi juga menjadi salah satu indikator bahwa powerbank itu asli. Karena perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung hanya akan memberi garansi pada barang keluaran pabriknya.

Leave a Reply