Tips memilih power bank yang awet

Memilih power bank yang asli dan tidak murahan diimbangi dengan cara charging power bank sesuai aturan agar awet serta tidak merusak hp android. Berapapun kapasitas yang mampu ditampung power bank selama proses charging, akan optimal jika saat proses charging sesuai standart yang dianjurkan. Banyak pengguna hp android selalu memiliki perangkat ini sebagai persiapan selama melakukan aktifitas, terutama diluar ruangan yang selama ini hp menjadi salah satu andalan perangkat paling diandalkan. Hanya saja, power bank sebagai perangkat tambahan tidak begitu diperhatikan prosedur pemakaiannya hingga mengalami masalah saat pengisian ke hp android. Bagaimana sebenarnya cara charging power bank yang tepat agar awet?. Mari kita simak dalam artikel tips teknologi berikut.

Apa manfaat memiliki power bank?

Maraknya penggunaan smartphone atau tablet, jelas berdampak secara langsung terhadap konsumsi energi baterai yang lebih besar. Oleh sebab itu banyak vendor yang menyediakan baterai dengan kapasitas besar. Tapi ternyata keberadaan baterai dengan kapasitas besar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunanya saat sedang berada di luar rumah atau sedang melakukan perjalanan. Oleh karena itu sekarang banyak pengguna smartphone atau tablet yang membutuhkan Power Bank. Tapi mungkin banyak yang bertanya apakah Power Bank mempunyai kelebihan atau kekurangan.

Apakah power bank bisa kebakar jika salah charging?

Tidak sedikir dari kita yang ingin membeli power bank untuk smartphone kerap mengabaikan fitur keamana yang terdapat pada sebuah power bank, pasalnya kemanan pada power bank termasuk menjadi sebuah hal yang sangat penting, sebeb jika kita salah dalam memilih kemana dalam power bank akibatnya bateri menjadi mengalami masalah seperti korsleting smartphone, ini akan mempengaruhi kerusakan pada komponen hardware sebuah tablet atau smartphone.

Ketika kita memilih sebuah power bank pastikan bahwa power bank tersebut mencantumkan fitur kemanan Over Charging Porotection, yang artinya jika baterai pada perangkat sudah disini oleh power bank dengan penuh, maka secara otomatis arus listrik yang dialirkan power bank akan terputus dengan sendirinya.

Selanjutnya ada perlu memilih power bank yang terdapat fitur Short Circuit Portection, fitur yang satu ini dapat mencegah terjadinya arus pendek atau korsleting pada perangkat smartphone dan teblet yang anda miliki. Jika kedua hal tersebut sudah ada pada power bank, maka bisa dikatakan power bank tersebut sudah aman untuk dipakai.

Artikel terkait :   Bagaimana membuat vlog jadi terkenal?

Apa bisa merusak hp jika kapasitas power bank terlalu besar?

Dalam memilih power bank berkualitas dengan kondisi yang bagus, kita yang pertama perlu perhatikan adalah mengenai penyesuaian kapasitas baterai yang ada pada smartphone anda dengan kapasitas daya pada power bank. Dengan menyesuakan kapasitas baterai dengan power bank, maka itu akan sangat bagus jika keduanya sesuai dengan daya nantinya, tujuanya untuk memberikan kenyamanan yang lebih lama lagi nantinya.

Contohnya jika anda memiliki smartphone android dengan kapasitas baterai 4000 mAh, maka alangkah lebih baik jika anda memilih power bank denga kapasitas tampung daya baterai diatas kapasitas baterai smartphone android. Dengan memiliki kapasitas power bank yang lebih besar dari kapasitas baterai, maka akan lebih nyaman nantinya karena power bank dapat menampung daya lebih besar untuk memberikan daya pengisian terhadap baterai smartphone.

Jika kita memilih power bank dibawah kapasitas baterai smartphone tersebut, maka itu akan percuma saja sebab anda jika membeli power bank yang kapasitas dibawah kapasitas baterai yang tidak akan mengisis 100% terhadap baterai oleh power bank.

Kesimpulanya kita harus memilih power bank yang kapasitasnya lebih besar, supaya power bank yang anda beli nantinya dapat mengisi baterai dengan penuh dan bahkan bisa digunakan lagi sisanya nantinya. Pemilihan power bank yang memiliki kapasitas kecil akan terasa cepat habis saja, padahal kapasatas yang tidak seimbang itu tidak bagus. Oleh sebab itu pastikan bahwa anda membeli power bank yang memiliki kapasitas lebih besar daripada kapasitas baterai smartphone android.

Bagaimana pemilihan jenis sel baterai power bank?

Tips memilih power bank dengan tepat adalah dengan melihat jenis sel pada baterai, sebenarnya ada dua jenis sel baterai yang biasanya dipakai oleh produsen power bank untuk ditawarkan kepada konsumenya, biasanya mereka menggunakan Li-po dan Li-Ion. Jenis sel baterai tersebut memiliki kelebihan yang berbeda-beda, contohnya ketika baterai dengan jenis Li-po yang ada pada sebuah power bank akan lebih unggul dibandingkan dengan baterai jenis Li-Ion.

Artikel terkait :   Kapasitas power bank yang awet

Jika dibandingkan dengan baterai Li-Ion, baterai jenis Lipo lebih bagus powernya ketika mengisi daya pada baterai smartphone dan tablet. Dengan power dan arus yang masuk dari power bank ke sebuah baterai dari smartphone dan tablet, maka akan menambah umur dari baterai tersebut. Dengan demikian saya merekomendasikan untuk anda memilih baterai jenis Li-po yang memiliki power yang lebih dari pada Li-Ion.

Apakah merk dan keaslian power bank berpengaruh?

Perlu anda ketahui adalah dengan memilih power bank berdasarkan keaslian produk tersebut, merek merupakan tanda apakah barang tersebut sudah ternama atau belum, bagi sebuah produk seperti power bank yang sudah bermerek dan sudah teruji ke aslianya, akan memiliki kualitas yang bagus dan secara umur harganya juga lebih mahal dari pada merek yang belum terkenal.

Namun jangan salah untuk merek power bank yang ternama juga banyak juga pihak yang tidak bertanggung jawab yang memalsukan. Pastikan anda selektif dalam memilih power bank bermerek untuk diujikan keaslian dari merek tersebut, kemudian untuk merek yang abal-abal anda jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dibawah rata-rata.

Lagi-lagi merek power bank yang dicantumkan tidak menyantumkan pembuatan power bank, dengan kata lain itu adalah merek abal-abal pembuat power bank, selain itu pemilihan power bank berdasarkan merek dan keaslian yang jika memilih salah maka akan berdampat pada permasalahan yang nantinya akan terjadi dalam waktu yang dekat, berbeda dengan power bank yang asli juga ternama yang memiliki ketahanan awet serta berkualitas.

Maka saya sarankan untuk pemilihan power bank dengan merek vivan power bank, mi power bank dan merek ternama lainya. Memang sih untuk merek ternama serta asli memiliki harga yang cukup mahal, namun anda akan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harganya dan sudah terbukti kualitasnya untuk diakuo oleh pengguna smartphone dengan merek power bank tersebut.

Leave a Reply