Tips mengatasi tenggorokan gatal yang mujarab

Tips bermanfaat – Musim hujan seperti sekarang, banyak gangguan kesehatan yang menyerang tubuh kita. Salah satunya gejala flu yang diawali dengan batuk serta pilek. Gangguan yang sering menjengkelkan adalah tenggorokan gatal yang mengakibatkan pernafasan jadi terganggu. Apalagi jika timbul dahak yang mengakibatkan tenggorokan meradang, sampai pada amandel yang meradang. Tetapi jangan kawatir, ada tips mengatasi tenggorokan gatal yang mujarab serta cepat menyembuhkan dan terhindar dari sakit flu berkepanjangan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita.

obat-tenggorokan-gatalTenggorokan gatal sebenarnya diakibatkan karena reaksi yang normal dari saluran pernafasan karena faktor lingkungan luar yang berubah dengan cepat. Ada banyak jenis tenggorokan gatal yang diakibatkan lingkungan sekitar yang mengakibatkan iritasi serta alergi. Pada beberapa kasus, banyak yang mengalami tenggorokan gatal sampai waktu yang lama dan memerlukan penanganan khusus.

PENYEBAB TENGGOROKAN TERASA GATAL
Didalam tenggorokan terdapat selaput lendir yang terdiri dari beberapa susunan syaraf, lendir tersebut berguna untuk melindungi ujung-ujung syaraf dan dinding bagian dalam tenggorokan. Lendir diproduksi oleh kelenjar kecil yang ada pada selaput lending, selain bertugas untuk melindungi syaraf pada tenggorokan, lendir juga berfungsi sebagai pengatur kelancaran arus makanan yang Anda telan juga udara yang masuk saat kita bernafas. Jika kelenjar lendir tidak menghasilkan lendir yang cukup, hal yang akan terjadi adalah ujung-ujung syaraf tenggorokan mengalami iritasi dan timbullah reaksi gatal pada tenggorokan.

Tenggorokan gatal dapat menyebabkan batuk ataupun sebaliknya, karena menderita batuk tenggorokan akan terasa gatal. Untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, ada baiknya untuk diketahui pemicu rasa gatal sehingga dalam penangananya akan lebih tepat sasaran.

Baca juga : Cara mujarab meningkatkan kekebalan tubuh terhindar penyakit

Infeksi adalah salah satu penyebab tenggorokan gatal yang paling umum. Terutama infeksi saluran pernapasan atas. Gejala lain juga dapat terjadi bersamaan seperti sakit tenggorokan atau faringitis. Tenggorokan gatal bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Infeksi bakteri (radang tenggorokan, dll) dan infeksi virus (pilek, flu, dll) dapat terjadi pada orang sehat, namun, infeksi jamur biasanya terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah misalnya pada orang dengan AIDS, kemoterapi anti-kanker, penggunaan steroid berkepanjangan, diabetes mellitus, penerima transplantasi organ, dan lain-lain.

Artikel terkait :   Cara mengobati ambeyen secara tradisional

Alergi terhadap makanan tertelan atau minuman atau partikel yang terhirup juga merupakan penyebab tenggorokan gatal yang tak kalah sering. Tenggorokan gatal karena alergi biasanya mudah dibedakan dari penyebab lainnya, yaitu memiliki ciri khas gejala muncul ketika terpepar dengan zat yang menyebabkan alergi (alergen). Gejalanya dapat berlanjut lebih lama dan lebih sering disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, hidung meler, mata berair, dan lain-lain.

OBAT TRADISIONAL MENGATASI TENGGOROKAN GATAL
Obat yang dibutuhkan untuk mengobati batuk pun beragam dan harus disesuaikan dengan karakter batuknya, jangan sampai Anda salah mengkonsumsi obat, minumlah obat tradisional batuk berdahak, jika batuk Anda disertai dengan reaksi pengeluaran lendir dari dalam tenggorokan.

1. Obat mengatasi tenggorokan gatal – Madu
Madu adalah obat herbal alami yang mampu mengatasi batuk berdahak, dalam beberapa alasan madu dipercayai mampu melawan unsur negatif yang menyerang kekebalan tubuh yang mana membuat tubuh mudah terserang penyakit. Menurut hasil penelitian Penn State College of Medicine, pada beberapa balita berusia 2-18 bulan yang sedang mengalami batuk berdahak, mereka tampak lebih nyenyak tidur setelah diberikan madu, bahkan lebih baik daripada memberikan obat batuk lainnya. Cukup dengan menambahkan madu pada minuman Anda, entah itu teh hangat maupun air hangat, namun pastikanlah jika Anda tidak memberikan madu pada bayi berusia 1 tahun kebawah.

2. Obat mengatasi tenggorokan gatal – Sup ayam
Obat tradisional batuk berdahak dan tenggorokan gatal yang mudah untuk dibuat sendiri dan mengenyangkan serta menyehatkan adalah sup ayam. Kaldu dari sup ayam, dapat membantu menghangatkan tubuh Anda sekaligus membuat tenggorokan menjadi lebih hangat. Menurut hasil penelitian seorang dokter dari University of Nebraska Medical Center, sup ayam dapat membantu melegakan tenggorokan sekaligus membantu menjaga tubuh tetap hangat. Sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang mengalami batuk berdahak, karena makanan ini dapat merangsang pengeluaran lendir yang terdapat di dalam tenggorokan untuk selanjutnya dikeluarkan.

Artikel terkait :   Memilih deterjen untuk mesin cuci

3. Obat mengatasi tenggorokan gatal – Bawang dan gula
Keduanya sama-sama kaya akan manfaat, namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui jika keduanya memiliki khasiat untuk membantu mengatasi batuk berdahak sekaligus melegakan tenggorokan. Cacah beberapa siung bawang, lantas tambahkan dengan setengah cangkir gula putih, aduk hingga tercampur merata dan diamkan selama satu malam penuh sehingga gula putih mencair dan tercampur bersama-sama dengan cacahan bawang membentuk sirup. Agar proses pembentukan sirup bawang lebih cepat selesai, didihkan racikan obat tersebut selama beberapa menit menggunakan api yang kecil, dan ambil satu sendok makan setiap 2 jam sekali.

4. Obat mengatasi tenggorokan gatal – Eucalyptus oil
Obatilah batuk berdahak serta tenggorokan yang gatal dengan menggunakan obat tradisional batuk berdahak, yakni Eucalyptus oil. Cukup dengan meneteskan beberapa tetes Eucalyptus oil pada air hangat dan letakkan kepala Anda tepat di atas wadah air panas yang telah ditetesi minyak alami tersebut hingga uap air panas sampai ke hidung Anda, lakukan selama 10-15 menit, namun pastikan tidak terkena tangan karena minyak alami ini dapat menyebabkan reaksi iritasi atau alergi.

tenggorokan gatalDari 4 jenis obat tradisional mengatasi tenggorokan diatas, dapat anda jadikan pilihan untuk mengobati keluhan tenggorokan yang mengganggu aktifitas anda. Sebaiknya lakukan langkah diatas sebelum berkepanjangan. Setiap derita gejala flu sangat bervariatif untuk setiap orang. Cermati gejalanya dan obati dengan segera sebelum semakin parah.

Leave a Reply