Waspada gejala awal usus buntu

Gejala awal usus buntu biasanya diawali rasa sakit perut sebelah kanan, berbeda dengan sakit maag walau rasa nyeri dan perihnya sangat mirip, hingga banyak yang meremehkannya. Dalam ilmu kedokteran sering di sebut sebagai radang pencernaan atau penyakit apendix yang mirip seperti kanker usus. Pola hidup sehat yang kurang terjada dengan baik, terutama memilih jenis menu sehat yang dikonsumsi menjadi pemicu awal sakit radang usus ini. Memang memerlukan waktu yang cukup lama penyakit usus buntu ini mulai terasa. Waspada gejala awal usus buntu dengan memperhatikan keluhan radang pencernaan yang sering dialami anak juga sebaiknya diperhatikan oleh para orang tua. Agar lebih memahami dan mencegahnya sebelum mulai parah, apa saja gejala awal usus buntu akan kita bahas secara jelas disini.

gejala-usus-buntuApa peran usus buntu untuk kesehatan kita?

Usus buntu merupakan salah satu bagian dari organ yang berada didalam perut manusia yang sampai sekarang belum diketahui pasti apa manfaat dari usus buntu ini. Berbagai penelitian telah mengungkapkan berbagai macam pendapat tentang usus buntu namun pendapat-pendapat tersebut masih lemah, sehingga banyak yang menyebut usus buntu sebagai organ sisa. Meskipun begitu bagiamanapun juga seluruh organ manusia didesain dengan sangat canggih, tidak mungkin ada organ yang diciptakan tidak memiliki fungsi tertentu dan hanya sebagai dekorasi saja. Pasti ada manfaat tersembunyi yang belum diketahui dari organ ini.

Selain itu, usus buntu merupakan tempat bersarangnya bakteri-bakteri baik yang memiliki fungsi pemulihan setelah adanya serangan penyakit pada pencernaan. Pada saat keadaan normal sistem pencernaan pada manusia memiliki jumlah bakteri baik yang memiliki fungsi sebagai pengurai makanan, dikarenakakan ada serangan penyakit pencernaan seperti kolera ataupun disentri menyerang sejumlah bakteri tersebut mati.

Menurut penelitian ini menyebutkan bahwa usus buntu berperan sebagai tempat bersembunyinya bakteri-bakteri baik dan juga sebagai tempat untuk berkembang biak. Namun sampai saat ini penelitian tentang organ usus buntu masih terus dilakukan ini dikarenakan jika usus buntuk memiliki peran lain pada tubuh maka operasi pengangkatan harus dihindari dengan cara melakukan pencegahan dini sebelum radang usus buntu menyerang.

Artikel terkait :   Bahaya bahan pengawet makanan bagi ginjal

Apa gejala awal usus buntu mengalami masalah?

Tak hanya pada organ-organ lain saja yang bisa terkena serangan penyakit, usus buntu juga bisa mengalami peradangan. Penyakit usus buntu merupakan penyakit yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada usus buntu manusia di mana telah terjadi penyumbatan yang terjadi pada usus buntu yang dikarenakan oleh adanya benda keras pada tinja atau infeksi yang ada di usus buntu sehingga cabang getah bening menjadi bengkak.

Biasanya penyakit usus buntu ini menyerang karena terjadinya berbagai jenis infeksi yang ada dalam usus buntu sehingga menyebabkan peradangan. Jika usus buntu mengalami peradangan dan tidak segera dilakukan penanganangan khusus dikhawatirkan usus buntu bisa pecah yang mengakibatkan peradangan akan terjadi diluar usus dan juga mengeluarkan nanah. Masalah selanjutnya bila terjadi maka benda yang berasal dari usus buntu tersebut memasuki daerah rongga perut sehingga terjadi peritonitis atau peradangan yang cukup serius.

Rasa sakit yang luar biasa yang disebabkan oleh penyakit usus buntu membuat para penderita memilih untuk melakukan jalan operasi penbedahan untuk pengangkatan usus buntu. Namun mengetahui gejala dari penyakit usus buntu dapat menjadi langkah awal yang baik untuk pengobatan yang lebih baik sebelum usus buntu meradang dan menjadi bertambah parah. Berikut adalah gejala-gejala yang muncul pada orang yang terkena penyakit usus buntu sperti yang dilansir dari Health Me Up.

1. Perasaan Sakit pada Pusar, Usus buntu dapat diawali dengan gejala rasa sakit yang ditimbulkan pada bagian bawah pusar atau perasaan kurang nyaman lainnya. Kemudian perasaan kurang nyaman inipun berpindah pada bagian bawah perut secara perlahan.

2. Demam, Tak hanya perasaan sakit yang dirasakan pada bagian perut tetapi juga timbul gejala lain yaitu demam, jika keadaan semakin buruk gejala demam akan bertambah tinggi pula.

3. Diare, diare menjadi salahsatu ciri-ciri usus buntu, dari banyak yang mengalami usus buntu diare dan sakit perut menjadi salahsatu cirinya, segera konsultasikan dan memeriksakan diri pada dokter terdekat.

Artikel terkait :   Mimisan pada anak penyebab dan mengatasinya

4. Perasaan sakit pada bagian perut, cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah terkena sakit usus buntu atau tidak bisa dengan menerkan bagian bawah kanan perut. Apabila setelah ditekan terasa sakit pada bagian tersebut segera periksa ke klinik kesehatan terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan karena bisa saja ini merupakan tanda gejala usus buntu pecah.

5. Perasaan sakit yang bertambah, pada saat awal terjadi, gejala sakit akan terasa biasa saja dan tidak berdampak begitu besar pada tubuh namun dalam beberapa jam kemudian rasa sakit akan bertambah dan semakin bertambah sehingga penderita akan sulit melakukan aktivitas jika berada dalam keadaan ini.

6. Merasakan Mual dan Muntah, Gejala yang sepertinya ringan bisa saka terjadi seperti mesakan mual dan muntah, namun jika mual dan muntah tersebut terjadi dalam waktu yang cukup lama seperti 12 jam belum berhenti juga maka sebaiknya penderita langsung dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

7. Sering buang gas dan juga Kembung, gejala usus buntu selanjutnya yaitu buang gas secara sering dan juga kembung, gejala ini sepertinya nampak biasa saja namun jika disertai dengan rasasakit pada bagian perut bagian bawah penderita sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter untuk dipastikan apakah terkena usus buntu atau bukan.

Selain itu biasanya untuk mengetahui ciri-ciri penyakit usus buntu, dokter yang memeriksa pun akan mencoba menekan bagian perut penderita. Biasanya perut bagian bawah sebelah kanan akan ditekan. Dan apabila rasanya sakit saat tekanan dilepas, maka hal tersebut menjadi indikasi penyakit usus buntu atau apendiks. Pemeriksaan lain biasanya juga dilakukan dengan cara melipat kaki kanan ke arah dada. Dan apabila seseorang mengalami usus buntu, maka ketika kaki dilipat rasanya akan sakit.

Leave a Reply