Waspada radang pencernaan pada anak

Hidup sehat diawali dari usia anak dan tanggung jawab orang tua memastikan dan perlu waspada radang pencernaan pada anak (kanker usus) yang suka jajan di luar rumah. Kalau kita masih ingat, banyak kasus usia anak sudah mengalami banyak penyakit kronis yang disebabkan karena berbagai macam jajanan di luar rumah yang kurang memperhatikan kebersihan serta kesehatan anak. Anak selama pertumbuhan sangat menyukai aroma serta rasa kuat diimbangi dengan warna makanan yang mencolok. Banyak penjual jajanan diluar rumah menggunakan metode itu untuk menarik anak membelinya. Sebagai orang tua, sebaiknya kita lebih waspada dan memperhatikan kesehatan dan hidup sehat anak mulai dari makanan yang dikonsumsi oleh anak selama dilura rumah. Waspada radang pencernaan pada anak yang dapat menyerang siapa saja jika kita kuran peka akan keluhan sakit perut yang sering terjadi.

usus-buntu-pada-anakApa ciri-ciri radang pencernaan pada anak?

Tanda radang pencernaan pada anak biasanya berawal dari rasa sakit yang ditimbulkan dari bagian bawah pusar atau perasaan kurang enak pada bagian perut yang sering berpindah pindah, bila anak anda mengalami hal seperti itu sebaiknya segera periksakan atau diagnosa secara tepat karena itu bisa jadi merupakan ciri ciri radang pencernaan pada anak.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit radang pencernaan pada anak biasanya disebabkan karena terjadinya peradangan pada usus, sangat diwaspadai sekali bahwa radang pencernaan pada anak ini tergolong penyakit berbahaya. Karena apabila sudah parah penyakit ini bisa menimbulkan masalah serius. Sehingga sangat penting sekali untuk kita ketahui sejak dini gejala dan penangananya . radang pencernaan pada anak merupakan penyakit gangguan yang terjadi pada usus yang bentuknya kecil yang tidak tersambung ke jalur manapun. Sehingga cara pengobatanya biasanya harus di lakukan dengan cara operasi bila sudah parah, karena apabila dibiarkan tidak ada penanganan apapun usus akan menjadi bengkak dan pecah.

Artikel terkait :   Cara mengatasi bau mulut yang efektif

Sangat dianjurkan sekali untuk melakukan penanganan dengan segera apabila seseorang sudah mengalami tanda tanda awal radang pencernaan pada anak. Untuk itu agar tidak terlambat mendapatkan perawatan alangkah lebih baik kita mengetahui apa saja Ciri Ciri Gejala Awal Penyakit radang pencernaan pada anak.

Sakit pada Bagian Perut – Sakit pada bagian perut merupakan gejala utama yang sering dialami seorang anak yang terkena penyakit radang pencernaan pada anak. Untuk mengetahui apakah anak Anda terkena radang pencernaan pada anak atau tidak, Anda dapat melakukan cara sederhana yaitu tekan bagian bawah kanan perut anak Anda, jika bagian yang Anda tekan terasa sakit segerlah perikakan ke dokter terdekat agar mendapatkan penangangan sedini mungkin. Hal ini karena bisa saja tanda tersebut dapat mengindikasikan anak Anda terkena radang pencernaan pada anak.

Mual dan Muntah – Gejala yang kedua adalah sering mual dan muntah. Jika anak Anda mengalami hal tersebut lebih dari 12 jam, segeralah untuk memerikasakan diri ke dokter. Tak hanya itu, selain mual dan muntah gejala radang pencernaan pada anak yang sering dialami penderitanya adalah perut kembung dan sering buang gas yang disertai dengan rasa sakit pada bagian perut.

Demam tinggi – Selain sakit perut, mual dan juga muntah, gejala radang pencernaan pada anak yang selanjutnya adalah demam tinggi. Jika demam tidak berangsur turun dan semakin parah, hal ini dapat artikan jika kondisi dan keadaan radang pencernaan pada anak pun semaki buruk.

Nafsu Makan Menurun – Jika anak anda dirasa mengalami sakit pada bagian bawah perut dan nafsu makan menurun, sebaiknya harap waspada dan segera cari tahu apakah itu radang pencernaan atau hanya kurang nafsu makan biasa. Karena penderita usus buntu biasanya juga akan kehilangan nafsu makan.

Artikel terkait :   Obat luka lecet agar cepat kering

DiareCiri Ciri Penyakit Usus Buntu lainya bisa juga disertai dengan sakit diare, seseorang anak biasanya akan terkena diare dan sakit perut melilit . Untuk itu harap waspada dan segera konsultasikan jika anda mengalami sakit diare yang disertai sakit luar biasa.

Apakah konsumsi makanan biji-bijian menyebabkan radang pencernaan?

Selama ini orang banyak beranggapan usus buntu terjadi karena sering makan biji-bijian yang sulit dikunyah halus. Anggapan seperti itu tidak benar tapi juga tidak salah. Memang radang pencernaan terjadi karena ada penyumbatan di wilayah ini. Penyumbatan ini yang paling sering adalah dari sisa-sisa makanan yang berupa tinja atau feses.

Sisa-sisa makanan dan tinja yang mengeras akan terjebak di lubang rongga sehingga menimbulkan penyumbatan. Penyumbatan ini membuat bakteri atau virus terperangkap di dalam usus buntu sehingga bisa memicu terjadinya infeksi. Nah, infeksi inilah yang membuat radang pencernaan.

Konsumsi cabai atau jambu beserta bijinya seringkali tidak tercerna dengan baik, sehingga masuk ke dalam saluran usus buntu sebagai benda asing. Makanya untuk mencegah peradangan usus buntu disarankan sering mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah. Hal ini karena serat yang dikonsumsi bisa membantu proses pencernaan dan mencegah tinja terlalu lama berada di dalam usus.

Leave a Reply