Waspadai bintik merah pada kulit

Kulit mudah terkena penyakit dari luar melalui udara atau air yang kotor. Waspadai bintik merah pada kulit baik pada orang dewasa maupun anak yang bisa menjadi pertanda awal tubuh anda mengalami masalah. Bintik merah disertai rasa gatal pada kulit biasanya bisa disebabkan karena permukaan kulit terpapar kuman penyakit yang dengan mudah tertular melalui udara maupun air. Tetapi jika bintik merah disebabkan karena reaksi sebuah virus dari dalam tubuh, ini layak anda perhatikan dengan seksama dan segera periksakan diri ke dokter. Memang bintik merah sangat beragam penyebabnya. Apapun itu pemicunya, sebaiknya anda tidak mengabaikannya agar segera dapat diobati. Apa saja penyakit yang dapat menyebabkan bintik merah pada kulit?. Mari kita simak artikel berikut ini.

Bintik merah ditandai dengan munculnya secara tiba-tiba dan ada juga yang ditandai dengan bentol kecil berwarna merah dengan disertai rasa gatal. Kemunculan bintik merah ataupun bercak merah memang tiba-tiba dan bisa menjangkit siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, juga orang dewasa. Kemunculan bintik merah ini bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab salah satunya alergi atupun penggunaan kosmetik. Akan sangat menganggu pastinya apabila kemunculan bintik merah ini terdapat pada area kulit yang sangat terlihat seperti wajah, tangan, kaki, ataupun area kulit luar lainnya.

Disamping sangat mengganggu juga dapat menurunkan rasa percaya diri anda jika bertatapan langsung dengan orang lain. Kemunculan bintik merah ini erat kaitannya dengan gangguan masalah penyakit kulit dan anda perlu waspada jika dibiarkan tentunya akan semakin melebar. Baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab munculnya bintik merah atau bercak merah dikulit.

Apa penyebab timbulnya bintik merah pada kulit?

Pada beberapa kasus bercak merah pada kulit hanya mengenai bagian tertentu dari tubuh seperti wajah, tangan, kaki, tetapi bercak merah terkadang juga bisa muncul di mana saja. Sifat bercak merah pada kulit dapat bervariasi tergantung penyebabnya. Di bawah ini adalah daftar beberapa kondisi medis atau penyakit yang dapat menjadi penyebab bercak merah pada kulit.

Alergi – Bercak merah muncul pada kulit setelah memakai bahan tertentu bisa berupa kosmetik, pakaian, dan sebagainya, bisa juga muncul setelah makan makanan tertentu atau menggunakan obat-obatan yang dapat memicu reaksi alergi. Jika pemakaian bahan langsung pada kulit maka area kulit itu saja yang terkena, tetapi apabila penyebab alergi dimakan maka bisa muncul bercak merah pada seluruh kulit tubuh.

Alergi obat – Alergi obat adalah reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh Anda terhadap obat yang dikonsumsi. Gejala yang paling umum dari alergi obat adalah munculnya ruam yang disertai demam dan biduran (urtikaria). Alergi obat berbeda dengan efek samping obat atau dengan keracunan obat akibat overdosis. Alergi obat bisa menyebabkan reaksi yang serius dan membahayakan nyawa.

Cacar air – Penyakit yang sering kali menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun ini menimbulkan ruam atau bintik merah pada kulit yang disertai rasa gatal dan munculnya cairan atau nanah. Penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster ini sangat mudah menular. Mulai dari terkena bersin, batuk, berbagi makanan dan minuman yang sama dengan penderita, hingga tersentuh cairan nanah cacar. Orang dewasa juga bisa terkena cacar, terutama mereka yang belum pernah mengalaminya ketika kecil. Di Eropa, “musim cacar” biasanya terjadi antara bulan Maret dan Mei. Di Indonesia bisa terjadi kapan saja tapi umumnya usia penderita lebih tua di Asia Tenggara dibanding penderita di negara bermusim dingin.

Jerawat – Sebagian besar orang pasti pernah berjerawat, entah itu di wajah, punggung, atau dada. Jerawat ringan bisa berupa bintik-bintik hitam atau putih, sedangkan yang parah dapat menimbulkan bintik merah meradang berisi nanah yang tahan lama dan menyebabkan jaringan parut. Ada tiga obat yang terbukti bisa menyembuhkan jerawat, yaitu benzoyl peroxide, golongan retinoid, dan antibiotik. Namun, dianjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu jika ingin mengatasi jerawat.

Campak – Pada penyakit campak bercak merah akan muncul pada kulit beberapa hari ketika bada demam. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mata berair, kelelahan, demam atau sakit tenggorokan. Campak adalah infeksi virus yang dapat menyebar dengan sangat cepat, dengan gejala muncul sekitar seminggu setelah infeksi awal. Bercak meah yang muncul setelah anak demam biasanya disebabkan oleh campak jerman.

Gigitan Serangga – Nyamuk dan serangga lain seperti kutu, tungau atau semut dapat menyebabkan bercak merah pada kulit setelah digigit. Hal ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang dapat menyakitkan atau gatal.

Lupus – Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan kesalahan sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri, salah satunya adalah menyerang kulit. Jenis lupus yang menyerang kulit adalah lupus eritematosus discoid, dengan gejala-gejala, seperti rambut rontok, ruam merah dan bulat seperti sisik pada kulit, dan rambut pitak permanen.

Karena begitu banyaknya penyebab bercak merah pada kulit, mungkin Anda akan kesulitan menentukan kondisi mana yang sedang Anda alami. Oleh karena itu periksalah ke dokter agar dapat ditentukan diagnosis yang akurat yang akan membantu Anda mendapatkan perawatan yang memadai sesuai kondisi.

Bagaimana menghilangkan bintik merah secara alami?

Diatas telah disebutkan beberapa penyebab bintik merah di kulit tentunya dengan mengetahui penyebabnya anda akan lebih antisipasi dalam menghindari munculnya masalah bercak merah ini. Namun jangan khawatir bintik merah yang muncul dapat dihilangkan dengan beberapa tips berikut tentunya aman karena menggunakan bahan alami. Atau anda juga bisa mengobati masalah bintik merah dikulit ini dengan obat penghilang bintik merah herbal tentunya aman tanpa efek samping dan hasil yang cepat.

Jus lemon Air perasan lemon memang sangat terkenal sebagai pemutih alami. Air perasan lemon yang kaya akan vitamin C ini ternyata sangat bermanfaat untuk menghilangkan bintik merah pada kulit akibat gigitan nyamuk, alergi dan lainnya. Caranya cukup mudah dengan mengoleskan perasan air lemon pada bintik merah atau bercak merah dikulit kemudian diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin 3 x sehari. Jus lemon juga dapat dicampurkan dengan bahan lainnya seperti jus mentimun.

Vitamin E Minyak vitamin E yang banyak dijual dipasaran ini ternyata sangat berkhasiat untuk menghilangkan bintik merah pada kulit. Cara menghilangkan bintik merah di kulit wajah dengan vitamin E yaitu dengan mengoleskan minyak vitamin E pada area kulit yang merah. Disarankan untuk melakukannya saat mejelang tidur dan bersihkan keesokan harinya. Dosis vitamin E yang disarankan yaitu 500 iu juga bisa dicampurkan dengan perasan lemon.

Cuka Apel Cuka apel sangat berkhasiat untuk mengatasi iritasi kulit juga bintik merah akibat gigitan nyamuk. Cuka apel sendiri merupakan bahan makanan yang gampang ditemukan, cara menghilangkan bercak merah dengan cuka apel sangat mudah. Hanya mengoleskan cairan cuka apel dengan takaran yang cukup pada area kulit yang merah atau bercak merah dan diamkan beberapa saat hingga kandungan cairan cuka apel meresap kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Ampas teh Kantung teh yang banyak ditemukan pada teh celup ini ternayata sangat berkhasiat untuk mengatasi bintik merah dikulit. Selain itu ampas teh juga banyak dipakai untuk menghilangkan mata panda secara alami. Cara menghilangkan bintik merah dengan ampas teh cukup mudah dengan mengompreskan kantung teh yang masih hangat tersebut pada area bintik merah dan diamkan beberapa saat. Kandungan polifenol dan antioksidan ini yang terkandung pada teh sangat baik untuk kesehatan kulit.

Lidah Buaya Siapa yang tidak mengenal tumbuhan lidah buaya ini. Disamping banyak ditemukan juga begitu banyak khasiat dari lidah buaya khususnya untuk kesehatan kulit. Gel lidah buaya yang bersifat dingin ini mampu menjadikan kulit lebih segar. Cara menghilangkan bintik merah dengan lidah buaya ini bisa diaplikasikan untuk mengobati bintik merah akibat ulat bulu, alergi ataupun bekas jerawat. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bintik merah atau bercak merah dan diamkan selama beberapa sangat hingga kering. Bilas dengan air hingga bersih lakukan secara rutin untuk hasil optimal.

Madu Madu yang sudah terkenal sebagai bahan alami untuk perawatan kulit sejak dulu. Madu juga sangat berkhasiat untuk memerahkan bibir secara alami. Cara menghilangkan bintik merah dengan madu ini sangat mudah dengan dibuat masker ataupun hanya mengoleskannya pada area kulit yang merah. Diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air hingga bersih.

Bengkoang Buah bengkoang yang sangat terkenal sebagai bahan lami pemutih kulit ini banyak diaplikasikan pada produk-produk kecantikan. Bahkan di negara tropis seperti di Indonesia ini khasiatnya sangat nyata. Bengkoang yang bersifat dingin memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah bintik merah di kulit. Cara menghilangkan bintik merah dileher dengan bengkoang yaitu haluskan bengkoang terlebih dahulu bisa diparut ataupun dibuat jus kemudian tempelkan pada bintik merah. Diamkan selama beberapa saat setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara teratur 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik

Leave a Reply