Wifi terbaik untuk di rumah

Apapun gadget anda, apa sih wifi terbaik untuk di rumah?. Lebih percaya merk router wifi atau jenis provider atau ISP?. Mana yang anda pilih?. Memang apa saja pengaruh merk router wifi untuk koneksi internet di rumah?. Atau seberapa penting peran provider internet yang kita pakai untuk koneksi internet?. Memang ada banyak kebutuhan koneksi internet baru rumah tangga modern saat ini dimana semua kegiatan rutin semakin membutuhkan koneksi internet. Semua perangkat gadget dewasa ini sudah diperlengkapi dengan koneksi wifi yang mempermudah penggunaannya saat berkomunikasi maupun mencari sumber berita. Nah, bagaimana kita memilih jenis koneksi yang akan kita pakai secara rutin di rumah?. Apa sih koneksi wifi yang terbaik untuk dirumah?. Mari dalam artikel tips teknologi berikut akan kami ulas untuk anda.

wifi-terbaikLokasi rumah anda menentukan kekuatan dan kestabilan sinyal provider

Anda perlu melakukan survei kecil-kecilan di sekitar rumah Anda. Tanyakan pada tetangga di sekitar Anda, provider apa yang ia gunakan dan seberapa besar kecepatannya. Jangan lupa tanyakan paket yang ia gunakan sehari-hari. Jangan tanyakan kepada satu orang saja, tanyakan pada beberapa orang sekaligus. Dengan begitu, Anda dapat memetakan provider apa saja yang memiliki jaringan paling baik di sekitar rumah Anda. Jaringan yang baik memberikan kontribusi besar terhadap kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang nantinya akan Anda gunakan.

Anda perlu melakukan survei kecil-kecilan di sekitar rumah Anda. Tanyakan pada tetangga di sekitar Anda, provider apa yang ia gunakan dan seberapa besar kecepatannya. Jangan lupa tanyakan paket yang ia gunakan sehari-hari. Jangan tanyakan kepada satu orang saja, tanyakan pada beberapa orang sekaligus. Dengan begitu, Anda dapat memetakan provider apa saja yang memiliki jaringan paling baik di sekitar rumah Anda. Jaringan yang baik memberikan kontribusi besar terhadap kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang nantinya akan Anda gunakan.

Lokasi antena pemancar ISP berpengaruh kekuatan sinyal

ISP yang terbaik sebenarnya akan sangat ditentukan oleh tempat di mana kita tinggal dan menjalankan akses internet. Di beberapa wilayah tertentu, suatu provider tertentu bisa saja berjalan dengan sangat cepat dan memuaskan. Namun ketika dibawa ke wilayah lain, kecepatannya bisa jadi menurun. Hal sebaliknya dapat pula terjadi. Memilih provider yang memiliki jangkauan data luas dapat dilakukan, sehingga di mana pun berada, asal masih dalam jangkauan data provider, maka kecepatan akses internet baik untuk kegiatan download ataupun upload akan sama cepatnya. Provider yang bagus tak sekedar ditentukan oleh rendahnya harga melainkan kualitas layanan yang akan didapat dengan harga tersebut.

Artikel terkait :   Speaker hp rusak kena air

Jangan asal pilih jenis paket yang mahal

Memilih provider yang bagus terutama dapat dilihat dari kecepatan transfer data yang diterapkan. Kita sebagai konsumen tentu menginginkan kecepatan maksimal sehingga kegiatan menjelajah dunia maya dapat dilakukan dengan lebih leluasa. Namun, tentu saja semakin besar kecepatan transfernya, bisa jadi harga yang harus dibayar akan semakin mahal. Sehingga, pemilihan provider beserta paket internet yang digunakan akan lebih ditekankan pada kebutuhan pengguna, apakah dia membutuhkan akses cepat tak peduli berapa harganya atau paket ekonomis saja.

Apakah jenis provider juga mempengaruhi kecepatan akses?

Banyaknya provider internet saat ini, mungkin membuat Anda semakin bingung untuk memilih mana yang paling cocok sesuai kebutuhan. Harga, kecepatan, dan benefit yang didapat, menjadi alat promosi yang sering ditawarkan. Kami berikan tips untuk mengobati kebingungan Anda tersebut.

Semua akan setuju, bicara tentang internet, Anda akan segera memikirkan provider mana yang produknya paling unggul. Unggul di sini tentunya dalam arti berkecepatan tinggi dan berbiaya murah. Namun, hati-hati! Jangan sampai salah memilih internet provider! Jika salah, bisa-bisa Anda rugi besar nantinya.

Di zaman yang serba cepat, koneksi internet merupakan hal yang mutlak harus selalu ada. Misalnya, jika Anda berdagang secara online, mau tidak mau segala bentuk media sosial harus aktif agar bisa ditanggapi secara cepat. Lalu, jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda berhubungan dengan bos Anda dari jarak yang cukup jauh, Anda juga harus terus mengawasi notifikasi dari surel juga messenger. Apalagi jika bidang yang Anda tekuni adalah teknologi informasi, tentu internet sudah jadi makanan sehari-hari.

Apakah modem atau router wifi juga menentukan kestabilan koneksi?

Tidak hanya berhenti sampai mengetahui harga, Anda masih harus memiliki modem. Pilihlah modem yang awet dan dikenal tidak gampang panas. Modem yang baik bisa menunjang kecepatan internet Anda. Jika masih bingung, Anda bisa menanyakan langsung di konter-konter yang menyediakan modem. Kalau mau lebih mudah, Anda bisa membeli modem yang sudah sepaket dengan kartu sim dari provider pilihan Anda.

Jika modem tidak sepaket dengan kartu sim, Anda bisa minta rujukan dari penjual kartu sim tersebut tentang modem yang paling sesuai. Anda bisa juga menggunakan ponsel pintar yang memiliki fasilitas tethering. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk menggunakan internet dari ponsel Anda dalam bentuk wifi portabel. Walau ini menghemat banyak uang karena tidak perlu membeli modem khusus, cara ini tidak begitu dianjurkan karena tethering memakan banyak tenaga dari ponsel pintar Anda. Selain itu, tethering menyebabkan ponsel Anda cepat panas dan kecepatannya juga terbatas. Jadi ada baiknya jika Anda berinvestasi dengan cara membeli modem.

Artikel terkait :   Router wifi portable yang murah apa

Bagaimana dengan memilih modem router wifi?

Bagaimana cara terbaik untuk membeli router, apakah Anda langsung membelinya atau Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membelinya. Memang benar, jika Anda ingin membeli sesuatu, pastinya Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Jangan langsung membeli karena bisa jadi apa yang Anda beli tidak cocok atau merugikan Anda.

Anda butuh apa?
Apakah Anda membutuhkan modem wireless wifi router terbaik hanya untuk bermain internet, atau Anda membutuhkan router untuk kebutuhan lainnya? Apa yang Anda butuhkan sehingga Anda ingin membeli router tersebut? Jika Anda ingin menggunakan router tersebut untuk bermain internet, Anda bisa menggunakan router biasa.

Namun jika Anda ingin membeli modem wireless wifi router terbaik agar Anda bisa streaming, game online atau beberapa hal lain yang membutuhkan internet lebih cepat, maka Anda bisa memiih router yang lebih kuat.

Berapa budget Anda?
Budget yang minim membuat Anda harus selektif dalam memilih modem wireless wifi router terbaik, namun jika Anda memiliki budget yang cukup besar, Anda bisa lebih mudah memilih router yang dibutuhkan. Sebelum Anda membeli router, pastikan berapa dana yang Anda miliki.

Jangan terjebak pada harga yang ditawarkan oleh penjual router karena memang ada cukup banyak spesifikasi memilih modem wireless wifi router terbaik dengan harga bervariasi. Sebaiknya, sekalipun budget Anda minim, namun Anda tetap harus mencari router dengan spesifikasi yang tepat dengan memeriksan beberapa model router yang berbeda.

Berapa kecepatan yang dibutuhkan?
Anda bisa mempertimbangkan modem wireless wifi router terbaik dengan beberapa kapasitas atau kecepatan sebelum membelinya. Kecepatan transmisi router bisa diketahui dan tercantum dalam Mbps (Megabite per second).

Tentunya, jika Anda bekerja dengan internet dan ingin kecepatan yang tinggi, Anda juga harus memilih modem wireless router terbaik yang memiliki kecepatan tinggi. Jika Anda menginginkan router untuk streaming maka Anda bisa memilih router dengan kecepatan yang tinggi.

Merek router apa yang paling bagus dan berkualitas?
Ada cukup banyak merek modem wireless wifi router terbaik yang bisa Anda beli, merek juga menentukan kualitas dan harga. Beberapa merek router diantaranya Prolink, TP-LINK, D-Link, TRENDnet, ASUS, Securifi dan masih banyak lagi merek router dan modem yang bagus yang bisa Anda pilih.